Kang Uu Wijaya Pelopor Beridinya Paguyuban Sunda Wani Di Purwakarta -->

Kang Uu Wijaya Pelopor Beridinya Paguyuban Sunda Wani Di Purwakarta

26 Feb 2020, Februari 26, 2020
Pasang iklan

Kang Uu Wijaya 1980 (Pelopor paguyuban Sunda Wani di Purwakarta)/Aspirasijabar

Aspirasijabar.net, Purwakarta-
Suku Sunda merupakan salah satu suku bangsa di tanah air Indonesia yang terkenal kaya akan keanekaragaman corak budayanya. Bentuk-bentuk budayanya pun berkembang mengikuti irama napas dan aktivitas sehari-hari masyarakatnya. Di dalam masyarakat itu sendiri, biasanya tumbuh dan berkembang paguyuban-paguyuban (bentuk budaya non-fisik) yang bercirikhas kedaerahan yang pada intinya memegang peranan penting di dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budayanya.

Semangat dari paguyubuan ini, yang tak lain merupakan suatu komunitas tersendiri, tidak bisa diabaikan begitu saja keberadaannya. Karena dari peran komunitas (paguyuban) inilah lahir suatu cara yang mampu menciptakan suatu iklim sosial daerah yang amat kondusif. Banyak hal ternyata yang telah dilakukan oleh paguyuban-paguyuban daerah di dalam menjaga lingkungan mereka sendiri, lingkungan alam, dan sistem kekerabatan di antara anggota masyarakatnya.

Salahsatu paguyuban yang begitu luas aspek sosialnya di Jawa Barat yaitu paguyuban "Sunda Wani". Dimana sejak paguyuban itu didirikan yaitu untuk menghimpun paguyuban-paguyuban di daerah, salahsatu kegiatan nya menghimpun paguyuban (yang non budaya) untuk mencintai budaya Sunda.

Salahsatu pelopor Sunda Wani di Purwakarta Kang Uu Wijaya, mengatakan berdirinya paguyuban ini di Purwakarta yaitu untuk melestarikan seni budaya kabuhunan Sunda dan mempererat silaturahmi antara masyarakat Sunda di Purwakarta.

"Salahsatu berdirinya paguyuban Sunda Wani di Purwakarta dari Tahun 2014 yaitu untuk menjaga, melestarikan budaya kabuhunan Sunda, juga mempererat silaturahmi antar masyarakat Sunda, dan juga menghimpun paguyuban kedaerahan manapun yang di Purwakarta untuk mengenal budaya Sunda," ungkap beliau kepada media, Rabu (27/02/20).

Saat prosesi pelantikan paguyuban Sunda Wani di Purwakarta/Aspirasijabar

Sementara di Tahun 2020 ini paguyuban Sunda Wani di Purwakarta sudah memiliki ketua baru.

"Untuk Ketua paguyuban Sunda Wani di Purwakarta saat ini yaitu Kang Supriatna," tambahnya.

Kang UU berharap, agar kedepan paguyuban ini bisa terus eksis dan bisa bermanfaat untuk masyarakat di Purwakarta.

"Semoga ketua yang sekarang bisa membawa paguyuban Sunda Wani kedepan lebih baik, dan bisa dirasakan kebaikannya oleh masyarakat Purwakarta," tutupnya.

(Red)

TerPopuler