Header Ads

Kabid Humas Polda Jabar : Selamat Atas Terlaksananya Pelatihan Jurnalistik Oleh FJP2 Dan Komunitas Jawara








Aspirasijabar.net Bandung – Kamis (14/5/2020), Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Drs.S.Erlangga menyambut positif kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Etika sebagai Kontrol Sosial di tengah masyarakat.

Yaitu yang dilaksanakan secara kerjasama antara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Jurnalis Peduli Publik (FJP2) Jabar Pimpinan Iwa Permana dan Komunitas Jaringan Wartawan Bhayangkara (Jawara) di Kota Bandung belum lama ini.

Pernyataan tersebut diutarakan Erlangga di Ruangan Bidhumas Mapolda Jabar hari ini. Yaitu bertepatan dengan diserahkannya Sertfikat Penghargaan sebagai narasumber pada pelatihan tersebut oleh Ketua FJP2 Kota Bandung dan Ketua Jawara Yusman Andrian.

Menurut Kabid Humas yang didampingi Kasubbid Penmas AKBP Dra.Santi Gunarni, diharapkan bagi wartawan yang sudah mengikuti pelatihan ini akan lebih baik dari segi kemampuan jurnalistik serta etika profesi dari waktu sebelumnya.

“Saya Kabid Humas Polda Jabar beserta seluruh jajaran mengucapkan selamat dan sukses untuk rekan – rekan awak media yang tergabung pada FJP2 Jabar dan Komunitas Jawara atas dilaksanakannya pelatihan jurnalistik ini.

Kita berharap kepada FJP2 dan Jawara untuk terus memberikan pelatihan kepada para awak media guna meningkatkan kompetisi di dunia media, karena dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat sekarang ini kita dituntut untuk terus bisa mengimbanginya.

Selain itu melalui pelatihan Jurnalistik dari FJP2 dan Jawara ini harus bisa lebih membangun Sumber Daya Manusia (SDM) para awak media untuk meningkatkan kompetensi dan kompetisi di era teknologi informasi”, tandas Kabid Humas Polda Jabar.

Di tempat yang sama Ketua Jawara dan FJP2 Kota Bandung Yusman Andrian menjelaskan, pelatihan yang sudah digelarnya bersama FJP2 bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta wawasan dibidang jurnalistik para awak media yang ada di Kota Bandung.

“Pelatihan jurnalistik ini digelar di Aula Karamba Cafe Bandung beberapa waktu lalu. Adapun yang bertindak sebagai narasumber diantaranya, Manager Edukasi Lebar Media Group Salgania Putri Nindra, Bintara Seksi Operasi ( BASI OPS ) Sektor 22 Citarum Harum Serma Chandra Manggala mewakili Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Infanteri Asep Rahman Taufik.

Selain itu hadir pula Ketua Umum Forum Jurnalis Peduli Publik Iswadi Idris, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FJP2 Jawa Barat Sekaligus Direktur Lebar Media Group Iwa Permana. Pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh FJP2 dan JAWARA, diikuti oleh puluhan anggota Jawara dan peserta lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan jurnalistik tak lain guna meningkatkan kemampuan serta kompetensi dibidang jurnalis dalam memuat pemberitaan dan publikasi yang baik dan benar .

Adapun tema yang dibahas dalam pelatihan jurnalistik kali ini diantaranya, Teknik Liputan, Doorstop, Kode Etik dan Kaidah Jurnalis serta Teknik Penulisan Sistem Piramida Terbalik juga dalam rangka merevitalisasi peran dan fungsi media yang berada dibawah naungan Forum Jurnalis Peduli Publik (FJP2)”,paparnya.

Ketua DPD FJP2 yang juga sebagai Direktur Lebar Media Group Iwa Permana menyampaikan bahwa media sebagai gerbang kemajuan bangsa menuntut seorang jurnalis untuk harus memiliki kapasitas serta wawasan yang luas dan memahami kode etik seorang jurnalis serta memahami undang undang pers sehingga dalam menjalankan tugasnya tidak melanggar kode etik tersebut, ucapnya.

Iwa berharap dari latihan jurnalis yang digelar oleh FJP2 dan JAWARA ini, bisa menjadi bahan serta bekal ilmu yang bermanfaat bagi jurnalis itu sendiri, juga bagi kita semua yang hadir disini semoga ini menjadi pondasi yang kuat serta menambah wawasan. “Sebagai seorang jurnalis dalam memuat pemberitaan dan mempublikasikannya, rumus 5 W 1 H harus betul-betul dipakai karena itu salah satu kunci bagi seorang jurnalis,” ungkapnya.

Sementara itu Pimpinan Perusahaan Media Online Penajournalis.com Asep NS mengatakan, ” Kami bangga bisa menjadi bagian dari pelatihan tersebut, semoga dengan diadakannya pelatihan serta uji kompetensi lainnya dapat menambah wawasan dan ilmu baru baik bagi kami dan rekan jurnalis lainnya hingga dapat menjadikan pribadi jurnalis yang terarah sesuai dengan two foxy dan kode etik jurnalistik yang tertuang dalam UU Pers no 40 tahun 1999 “, paparnya.

Diakhir statementnya Asep NS menambahkan, ” Saya berharap Sinergitas antara komunitas wartawan Bhayangkara dengan mitranya khususnya Institusi Kepolisian dapat terus terjaga dengan baik dan kerjasama yang didasari dengan azas kekeluargaan, ukhuwah islamiah serta Bhineka Tunggal Ika, hingga menjalin sebuah chemistry yang lebih dalam “, pungkasnya. (Dewi Suparyani/Laela Hayati/ Siti Halimah)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.