Ops Patuh Lodaya 2020 di Majalengka, Pandawa Lima Bagikan Ribuan Masker -->

Ops Patuh Lodaya 2020 di Majalengka, Pandawa Lima Bagikan Ribuan Masker

30 Jul 2020, Juli 30, 2020
Pasang iklan


Aspirasijabar.net - Majakengka, Polisi melakukan sosialisasi agar warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19. Petugas juga membagikan ribuan masker pada warga yang tidak mengenakannya.

Sosialisasi tersebut, dilakukan di area Pasar Cigasong, Kabupaten Majalengka, pada Kamis (30/7/2020). Namun, agar lebih humanis, sejumlah polisi mengenakan kostum tokoh Pewayangan, Pandawa lima. Seperti, Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Kehadiran petugas berkostum nyentrik dan unik yang mengedepankan kearifan lokal budaya Jawa Barat itu, berhasil menyedot perhatian para pengendara dan pedagang serta pembeli di kawasan pasar tersebut.

Sasaran mereka adalah para pengendara bermotor dan pelaku usaha dan warga yang berbelanja ke Pasar Cigasong langsung membagikan ribuan Masker kepada bagi pengguna jalan yang tidak mengenakan masker.

Kapolres Majalengka, AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso dan Kasat Lantas, AKP Luky Martono, juga ikut turun ke pasar. Keduanya membagi-bagikan masker kepada pedagang dan pembeli hingga ke pengendara bermotor.

Menurut Kapolres, aksi kreatif dengan menampilkan kearifan lokal Budaya Jawa Barat tersebut, untuk menyosialisasikan pencegahan virus Covid-19 kepada masyarakat tersebut, dalam rangka Operasi Patuh Lodaya 2020 yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan, terhitung sejak tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

"Dipilihnya kawasan pasar, karena lokasi tersebut yang padat aktivitas masyarakat. Kita imbau agar para pengguna jalan hingga pedagang dan pembeli dapat menggunakan masker selama beraktivitas. ini sebagai pencegahan penyebaran virus Corona," Ucap AKBP Bismo.

Kapolres berharap, lewat aksi unik tersebut, dapat menggugah kesadaran masyarakat terutama yang beraktivitas di luar rumah agar selalu mengenakan masker, menjaga jarak antar pedagang dan pembeli serta rajin cuci tangan pakai sabun maupun mematuhi imbauan pemerintah.

AKBP Bismo menambahkan, selain melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan di area pasar tersebut, pihaknya juga sekaligus memberikan edukasi mengenai tertib lalu lintas.

"Operasi Patuh Lodaya 2020 kali ini, memiliki tiga tujuan utama, yaitu meningkatkan kesadaran warga dalam mematuhi semua tata tertib berlalu lintas. Kedua, menekan angka kecelakaan lalu-lintas. Terakhir, mengurangi penyebaran virus Covid-19," Jelas pimpinan Polres Majalengka. (Riyana)

TerPopuler