Header Ads

ITB-UIN Bandung Gelar ICWT 2020 secara Virtual

Aspirasijabar | Kab.Bandung- Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berkolaborasi dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar The 6th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2020 secara virtual di The Trans Luxury Hotel Bandung, Kamis (03/09/2020).

Konferensi Internasional ke-6 tentang Nirkabel dan Telematika (ICWT) 2020 ini dibuka langsung oleh Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Hasniah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan merasa senang atas terselenggaranya ICWT 2020. Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, tetap digelar secara virtual. 

ICWT merupakan forum ilmiah yang menghimpun para peneliti dan praktisi baik dari kampus maupun industri di bidang komunikasi wireless, telematika, teknologi wireless, mobile communication, radar sistem, teknik elektro, teknik komputer, teknik biomedik, dan bidang terkait lainnya.

Menurutnya, sasaran utama diadakan ICWT 2020 ini untuk menyatukan ilmuwan akademis, insinyur, dan peneliti industri agar bertukar, berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka tentang  Sains dan Teknologi serta mendiskusikan tantangan praktis yang dihadapi dan solusi yang diadopsi. 
"Saya berharap kita mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dan gunakan kesempatan ini untuk bertemu teman lama dan mendapatkan banyak teman baru. Dalam konferensi ini, para peneliti menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena karya-karya tersebut merupakan salah satu tonggak pencapaian suatu proses pembelajaran dan penelitian yang telah dilaksanakan secara serius dengan mengacu pada prosedur dan prinsip ilmiah," tegasnya.

ICWT 2020 merupakan rangkaian konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh STEI ITB sejak tahun 2015 dan diselenggarakan bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

"Tahun ini merupakan tahun ketiga kerjasama antara Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ITB dalam penyelenggaraan ICWT. Pada tahun pertama kerjasama ICWT 2018 di Bali, Alhamdulillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyumbang 15 makalah. Untuk ICWT 2019 di Yogya kami mempresentasikan 35 makalah, dan ICWT 2020 di Bandung terdapat 35 makalah dari kami. Jadi, ini pencapaian yang luar biasa bagi kami dalam melakukan kolaborasi publikasi untuk meningkatkan kampus tercinta," jelasnya. 

Bagi Dekan STEI ITB, Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T., kehadiran ICWT diharapkan menjadi salah satu konferensi penting di Indonesia dalam bidang informasi dan teknologi komunikasi. "Konferensi ini menjadi wadah bagi universitas, industri, pemerintah, dan sektor publik untuk mengekspos dan bertukar ide dan metode inovatif mereka," ujarnya.

Sejak 2015, konferensi ini telah menyatukan yang luar biasa dan keragaman yang kaya dari penulis dan pembicara untuk berbagi ide dan ide baru perspektif tentang berbagai penelitian tentang informasi dan topik teknologi komunikasi. 

"Tahun ini, kami memiliki lebih dari 80 kiriman yang penulisnya tersebar tidak hanya universitas dari dalam negeri universitas tetapi juuga dari rekan kami di luar negeri, seperti: Malaysia, Lybia, India, Republik Korea, Sri Lanka, dll," tuturnya.
Eki Ahmad Zaki Hamidi, Ketua kegiatan ICWT 2020 menambahkan keikutsertaan UIN Bandung dalam konferensi internasional ini dimulai dari ICWT keempat di Nusa Dua, Bali pada tahun 2018, @ICWT kelima di Yogyakarta pada tahun 2019 dan ICWT keenam di Bandung "Ahamdulillah untuk ICWT tahun sekarang UIN Bandung tetap mempertahan publikasi di tengah pandemi. Kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi ilmiah menjadi salah satu agenda utama UIN Bandung, Rektor selaku pemangku kebijakan sangat mendukung penguatan publikasi dengan melibatkan mahasiswa," paparnya.

Sebanyak 60 peserta mengikuti ICWT 2020 dari tanggal 3-4 September 2020. "Terdapat 15 peserta offline yang hari ini dipresentasikan dan 45 peserta online dari Indonesia, Malaysia, Jerman, Korea, Jepang, Belanda, Australia, Lybia, Sri Lanka, India mengikuti konferensi internasional secara virtual," ujarnya.

Mengenai prosiding ICWT mulai dari tahun 2015 sampai 2019 telah diunggah ke IEEE Xplore. Untuk tahun ini, makalah yang diterima dan dipresentasikan juga dimasukkan dalam prosiding ICWT 2020 dan diserahkan ke IEEE Xplore. 

"Semua makalah yang dipilih, setelah revisi dan ekstensi lebih lanjut, akan dipertimbangkan untuk publikasi di Jurnal Penelitian dan Aplikasi TIK , dicetak ISSN: 2337-5787 / online e-ISSN: 2338-5499, diindeks oleh Scopus, Google Cendekia, DOAJ, EBSCO, dan mitra pengindeksan lainnya," pungkasnya.

(Red/Humas)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.