Header Ads

Seorang Tokoh Kearsipan Wanita Indonsia Yang Pernah Juara Harapan 1 Arsiparis Teladan Nasional Thn 2017 Teryata Keturunan Sumedang




 
Aspirasijabar | Sumedang- NR. Anita Trikusumawati, S.E., MM
Kali ini kita akan membahas tentang seorang tokoh kearsipan wanita di Indonesia, yang juga keturunan Kabupaten Sumedang, kalian tahu siapa beliau? Penasarankan?

Tokoh yang dimaksud adalah Ibu N. R. Anita Trikusumawati, S.E., MM., beliau mendapat juara harapan 1 Arsiparis Teladan Nasional dalam ajang pemilihan Arsiparis Teladan Nasional 2017 yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Lahir pada tanggal 4 Oktober 1971 bekerja di UPT Kearsipan Unpad sejak 2013, menjadi  arsiparis muda sejak tahun 2016  dan dengan proses angka kredit (non inpassing) menjadi arsiparis madya pertama di Unpad semenjak unpad berdiri tahun 1957.

Beliau adalah penggagas beberapa norma, standar, prosedur, kriteria kearsipan di lingkungan Universitas Padjadjaran, dimulai pada tahun 2014-2015 melahirkan 9 Peraturan Rektor terkait kearsipan.

Pada tahun 2016 beliau turut membawa Unpad menjadi lembaga kearsipan perguruan tinggi peringkat ke 1 nasional untuk LKPT. Dan pada tahun 2017, beliau terpilih mewakili UNPAD untuk mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh ANRI. 

Setelah melalui berbagai tahap Ibu Anita berhasil masuk lima besar Arsiparis Teladan tingkat nasional yaitu suatu ajang kompetisi arsiparis lintas Kementrian/Lembaga Non Kementrian se-Indonesia dan mendapat penghargaan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Asman Abnur di Hotel Mercure Convention Centre, Jakarta. 
Ibu Anita juga terpilih sebagai sebagai Anggota Tim Perumus dalam penyusunan Permenristekdikti  terkait kearsipan  Kode Klasifikasi, Jadual Retensi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip pada tahun 2017, Anggota Tim Penilai arsiparis di Kemenristekdikti tahun 2018 dan  Anggota Tim Perumus SKKNI Bidang Kearsipan Tingkat Nasional Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib Golongan Pokok Administrasi Pemerintahan Bidang Kearsipan.

Saat ini, selain persiapan e office ke Siat E Office Kearsipan, beberapa NSPK sedang dipersiapkan sekaligus mendorong pengembangan website kantor arsip dan dewan redaksi kantor arsip yang dibentuk tahun 2020 akan membawa Unpad lebih baik, salah satunnya artikel kearsipan berbahasa Inggris yang insyaAllah akan diterbitkan setiap bulan.
 
Ibu N. R. Anita Trikusumawati, S.E., MM sedang bersilahturahmi dan berdiskusi dengan Bapa Herman Suryaman, M. Si. Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang.

Dalam rangka mempercepat terwujudnya sistem sertifikasi kompetensi profesi kearsipan, dibutuhkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kearsipan (SKKNI Kearsipan) sebagai acuan dalam melakukan uji kompetensi.

Universitas Padjadjaran (UNPAD) boleh berbangga karena sumber daya manusianya dipercaya terlibat dalam SKKNI Kearsipan, yaitu Kepala Kantor Arsip Unpad, Nyi Raden Anita T, SE., MM sebagai Anggota Tim Perumus SKKNI Bidang Kerasipan Tingkat Nasional. 

“Intinya adalah semangat untuk mengubah. Seluruh unsur harus bersinergi untuk menjadi agen perubahan tata kelola arsip. Tanpa adanya sinergi, kita akan gejed (sulit bergerak),” kata Anita yang dikenal pula dengan Laskar Arsip atau Laskar PUAS (Padjadjaran University Archivist Society)  dan salam arsip yang digagasnya pada saat pertemuan Asosiasi Arsiparis Indonesia di Cimanggis  beberapa tahun yang lalu, bermakna silih asih silah asah silih asuh (sinergi), dikenal  pula didunia kearsipan indonesia saat ini. 

Penggunaan simbol jari-jari seperti segitiga, ternyata dalam kekaisaran korea dimasa lampau diketahui bermakna tolong-menolong ujarnya. Hal ini diketahu dari sebuah film korea yang ditontonnya. Masih banyak hal yang harus dibenahi bersama-sama dalam kearsipan, semoga maju bersama-bersama maju “keep sharing and creative thinking” aamin insyaallah, ujarnya. 

Prestasi yang di raih oleh Ibu N. R. Anita Trikusumawati, S.E., MM akan mengaksipirasi kita semua untuk selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

(Red/Agus)
 


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.