SOSIALISASI MENGOLAH DAN PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK DARI TEAM NGAJAGA BUMI BANDUNG -->

SOSIALISASI MENGOLAH DAN PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK DARI TEAM NGAJAGA BUMI BANDUNG

Sep 21, 2020, September 21, 2020
Pasang iklan



Aspirasijabar || Purwakarta - Team Ngajaga Bumi Bandung melaksanakan sosialisasi pemamfaatan sampah organik di Desa Pasirangin Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, Sabtu 19/09/2020 bertempat di Gedung Serba Guna Desa Pasirangin.

Sosialisasi tersebut selain memperhatikan protokol kesehatan juga di hadiri Kepala Desa Pasirangin Komarudin Syam,  Serda Pularso Babinsa Desa Pasiangin Koramil 1903 Darangdan, juga dihadiri sekira 60-orang peserta sosialisasi, terdiri dari Perangkat Desa Pasirangin, aparat Rw/Rt.

Sri Sulistyawati Ketua Team Ngajaga Bumi mengatakan bahwa beberapa sampah organik dapat di jadikan produk yang memiliki nilai  jual, seperti enceng gondok yang sudah dikeringkan dan dibakar dapat diolah kembali menjadi  tas.
Kami dari Team Ngajaga Bumi telah menghasil olahan sampah organik, yaitu "ECOENZYME" 
Ecoenzyme adalah hasil dari fermentasi limbah organik, seperti Ampas buah dan sayuran, Gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu) ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk sesuatu yang sangat bermanfaat.
Lanjut Srisulistyawati, kami dari team menjaga bumi berharap warga disini untuk bersama sama mengolah menjadi nilai jual "Tuturnya"
Dosis Pemakaian Ecoenzyme untuk pemakaian luar, diantaranya:
-Membersihkan kompor.
-Mencuci piring.
-Mencuci pakaian.
-Mencuci lantai.
-Membersihkan kamar mandi (kloset).
-Membasmi pestisida, herbisida dan insektisida pada sayuran.
-Untuk kumur-kumur dan gosok gigi.
-Mencuci rambut.
-Mandi dan cuci tangan.
-Pembersih udara (Air Purifiet).
-Detox tubuh.
-Bisul atau luka gores.
-Anti radiasi.
-Sebagai pupuk organik.
-Pembersih hewan.
-Pembersih kuningan "Jelasnya"

Menurut Kepala Pasirangin Komarudin Syam insa allah kami Pemerintah Desa Pasirangin akan membentu kelompok pengolah sampah yang anggota nya Para Ketua Rt dan Rw, Karang Taruna,kader PKK dan Bumdes "Pungkas Komarudin Syam"
 (Bah Endang)

TerPopuler