Header Ads

"Dandim 0104/Atim, Resmi Buka Kegiatan Binter Terpadu Tahun 2020"


nZ
"Dandim 0104/Atim, Resmi Buka Kegiatan Binter Terpadu Tahun 2020"

Aspirasijabar | Aceh Timur- Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) secara resmi membuka kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu tahun 2020 dengan memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di Meunasah, Desa Buket Pala, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Jum'at (20-11-2020).

Pada pembukaan Binter Terpadu tahun ini amat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang melaksanakan upacara pembukaan, namun dikarenakan Pandemi Covid-19 dan tidak diperkenankan mengumpulkan banyak orang, untuk itu pada pembukaan kali ini dibuat sangat sederhana dengan ditandai Do'a Bersama.

Dalam sambutannya Dandim mengatakan bahwa kegiatan Binter terpadu merupakan fungsi utama TNI AD dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok dan diimplementasikan melalui pemberdayaan geografi, demografi dan kondisi sosial untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Dijelaskannya, Binter terpadu merupakan kegiatan dibidang teritorial yang menerapkan sistem kerja nyata dengan metode pembinaan ketahanan wilayah, Komunikasi sosial dan bhakti TNI yang dijabarkan dalam pemilihan kegiatan fisik maupun non fisik dengan tujuan untuk penyiapan wilayah, masyarakat serta kondisi sosial yang dinamis bagi kepentingan pertahanan negara.

"Kegiatan Binter terpadu ini juga melibatkan Pemerintah Daerah, instansi terkait dan komponen bangsa lainnya dalam bentuk sinergitas program dan anggaran yang diproyeksikan dapat mengoptimalkan dampak nyata pada upaya-upaya membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat, "ujarnya.

Kegiatan binter terpadu merupakan program TNI AD untuk mensinergikan program pembangunan Pemerintah Daerah dengan TNI dengan harapan dapat membantu percepatan pembangunan di wilayah serta menguatkan motivasi kesadaran bela negara pada generasi muda, anak sekolah dan masyarakat.

Kegiatan fisik dalam Binter terpadu kali ini, akan melaksanakan pengerjaan perehaban rumah tak layak huni, pembuatan kolam ikan, pembuatan lahan pertanian, perehaban Meunasah, perehaban Makam Syeh Bandar Khalifah, pembuatan MCK, pembuatan rumah online, dan budidaya ayam potong, sedangkan untuk kegiatan non fisik akan melaksanakan Komsos dengan komponen bangsa, pemberian sembako, sunatan massal dan lainnya.

Saya minta kepada masyarakat Kecamatan Peureulak untuk memberikan do'a serta dukungannya sehingga kegiatan yang akan kita laksanakan dapat berjalan sesuai yang kita harapkan dan kami akan berupaya semampu saya dan Kodim 0104/Aceh Timur untuk membantu mensejahterakan masyarakan Kabupaten Aceh Timur, dan dengan mengucapkan "Bismillahirrahmanirrahim" pembukaan Binter Terpadu tahun 2020 saya nyatakan di buka, "pungkas Dandim.

Sementara Camat Peureulak Nasri, SE. MS.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa wilayah Kecamatan Peureulak perlu adanya bantuan atau perhatian dari Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Peureulak, untuk tahun 2021 saya memohon kepada Kodim 0104/Aceh Timur agar pembangunan jalan dan sebagainya dapat di pusatkan di peureulak yang mana Kodim 0104/Aceh Timur sebagai Komando kewilayahan yang ada di Kabupaten Aceh Timur.

Saya mewakili Muspika serta masyarakat Kecamatan Peureulak mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas upaya TNI khususnya Kodim 0104/Aceh Timur di dalam mensejahterakan masyarakat Kecamatan Peureulak dalam rangka melaksanakan program Binter terpadu tahun 2020, "pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil jajaran Kodim 0104/Aceh Timur, Kapolsek Peureulak AKP P. Linbong, Ketua DPW PA Kab. Aceh Timur Zulfadli Bin Ayub alias Kupiah Sekeh, Ketua Partai Gerindra Kab. Aceh Timur Abdul Azis, Kepala KUA Kec. Peureulak Azwar, S.ag, Keuchik Desa Buket Pala Saifuddin, Perangkat Desa Buket Pala, Perwakilan masyarakat Desa Buket Pala.

 ( Red )

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.