Frans Manery-Muclis Tapi Tapi masih unggul dalam quick count pilbup halut dari pasangan Joel Wogono-Said Bajak -->

Frans Manery-Muclis Tapi Tapi masih unggul dalam quick count pilbup halut dari pasangan Joel Wogono-Said Bajak

Dec 10, 2020, December 10, 2020
Pasang iklan

Aspirasi jabar || TOBELO– Pasangan Calon  Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara , nomor urut 01, Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM Mantap) unggul dalam quick count Pilbup Halut kamis (9/10/2020).dalam  konfrensi pers di markas komando FM.

Paslon  FM-Mantap unggul dari paslon nomor urut 2, Joel Wogono-Said Bajak (JOS). FM mantap meraih 50.185 suara sedangkan Joel-Said, meraih 49.244 suara. Suara sah 100.579 suara, dengan presentase 79,49 persen. Hasil ini, Frans-Muchlis (FM) menang dengan selisih 897 suara dari total 421 TPS dan tersisa 1 TPS yang belum masuk dalam data IT Media Center FM.

Calon Bupati atau Petahana Frans Manery dalam konferensi pers, Kamis (10/12/2020) di Posko Komando FM Mantap, Desa Gosoma, menjelaskan bahwa data form C1 yang sudah masuk sebanyak 99 persen, dari 421 TPS yang tersebar di 17 kecamatan 196 desa, FM Mantap memperoleh 50, 185 suara dan JOS memperoleh 49.288 suara. Jumlah Suara yang digunakan 100. 579 suara atau 79.44 persen. 

Didampingi Calon Wakil Bupati, Muchlis Tapi Tapi, ketua Tim Sukses, Samsul Bahri Umar serta sejumlah pengurus partai koalisi, Frans juga menyampaikan apresiasi ke pihak penyelenggara, baik KPU, Bawaslu, pihak Keamanan TNI/Polri, masyarakat serta seluruh pendukung Paslon FM Mantap.

"Selaku calon bupati, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memggunakan hak pilih untuk mencari pemimpin daerah ini," ucapnya.

Ketua DPD II Golkar Halut ini juga menambahkan, proses tahapan pencoblosan dan penghitungan suara di TPS sudah selesai dan tahapan berikutnya di tingkat kecamatan.

"Saya mengimbau agar dapat mengawal suara ini, kemudian jagalah kekerabatan dan keamanan daerah ini agar eforia tidak menjadi perpecahan, karena berbeda itu biasa," lontarnya.

Sementara itu, Calon wakil Bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi Tapi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan simpastian, relawan serta partai kolasi yang telah bekerja sehingga pasangan Frans-Muchlis meraih kemenangan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat, simpatisan, relawan, koalisi partai yang telah memberikan hak suara kepada FM Mantap. Kami juga berharap untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban, persaudaraan sambil menunggu hasil rekapitulasi oleh KPU,” ujarnya menambahkan.

Muchlis mengatakan ada salah satu TPS Maraeling desa Tetewang kecamatan Kao Teluk yang secara hukum bukan lagi masuk wilayah Halmahera Utara. 

"Menurut kami, KPU menghilangkan saja tidak lagi melakukan pungut ulang, karena yang bisa dilakukan pungut ulang itu, jika ada bencana alam, putusan pengadilan," katanya.

Mantan Sekjen PB HMI Pusat ini mengungkapkan dari 17 kecamatan, FM Mantap meraih kemenangan di 11 kecamatan, seperti Loloda Kepulauan, Loloda Utara, Galela Utara, Galela Selatan, Galela, Tobelo Utara, Tobelo Timur, Tobelo Barat, Kao, Malifut dan Kao Teluk, sedangkan paslon JOS memperoleh kemenangan di 6 kecamatan, Galela Barat, Tobelo, Tobelo Tengah, Tobelo Selatan, Kao Utara dan Kao Barat.

Menurutnya, semua proses pemungutan suara di Pilbup Halut berjalan normal. "Kalau pun sengketa hak semua paslon untuk mengajukan ke Mahkamah Konstitusi," ucap Wakil Bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi-Tapi. (oje)

TerPopuler