Ternyata Ada Pembudidaya Ikan Lele Disalahsatu Desa Di Subang -->

Ternyata Ada Pembudidaya Ikan Lele Disalahsatu Desa Di Subang

Dec 3, 2020, December 03, 2020
Pasang iklan

Aspirasijabar.net, Subang-
Masyarakat kampung Kembangsari yang fokus untuk membudidaya ikan lele, kampung yang terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Cipeundeuy, Subang ini memiliki kelompok budidaya ikan lele yang beranggotakan 10 orang.

Ketua kelompok budidaya ikan lele, Dadan mengatakan bahwa budidaya ikan lele di Kembangsari merupakan sentra lele khususnya di wilayah desa Sawangan.

Senada dengan Dadan, salahsatu petani Ade (30) mengatakan bahwa perkembangan ikan lele dintempat budidaya nya sangat bagus. Namun belum maksimal secara kuantitas ataupun banyaknya ikan.




“Tiap kali panen ada yang usia 1bulan sekitar seukuran puntung roko, dan ada juga yang pembesaran sampai dengan usia 3bulan,” terangnya kepada Clikberita.com, Kamis (03/11/12).

Dirinya menambahkan bahwa ikan lele yang saat ini berada di penangkarannya adalah jenis lele dumbo. Saat panen, rata-rata umur ikan lele yaitu 1 bulan sampai dengan yang siap konsumsi usia 3 bulan. Tebar dan panen dapat dilakukan setiap hari tergantung permintaan. Kolam-kolam yang berada di tempat penangkarannya dipisahkan berdasarkan umur ikan lele.

Mengenai keuntungan yang cepat, Ade mengaku bahwa yang paling cepat adalah yang usia 1 bulan, ia bisa mendapat per 1 Kg ikan lele, Rp44.000

“Untung yang cepat memang di usia jual yang 1 bulan. Untuk satu kali pemijahan bisa sampai 1000-10500 ekor, dan untuk per 1Kg bisa berisi 10400 ekor"tutupnya.

(Kus)

TerPopuler