Banyaknya BUMDes Yang Bermasalah DPMD Lebak Diminta Lakukan Evaluasi -->

Banyaknya BUMDes Yang Bermasalah DPMD Lebak Diminta Lakukan Evaluasi

Mar 16, 2021, March 16, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Lebak- Banyaknya ditemukan permasalahan pada kegiatan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes), mendorong Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lebak Ormas Badak Banten Perjuangan, lakukan Audiensi dengan pihak DPMD Lebak guna membahas sejumlah BUMDes yang dinilai bermasalah.

Menurut Erot Rohman selaku Ketua DPC Lebak, bahwa DPMD Lebak harus segera mengevaluasi sejumlah BUMDes yang dinilai bermasalah sebagai langkah kongkrit menyelamatkan uang negara. " Bila kita melihat dan merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2011 terutama dipasal 3 Point C gamblang dijelaskan mengenai tujuan BUMDes, adalah agar desa mempunyai Pendapatan sendiri, sehingga tidak terlalu tergantung pada pemerintah daerah ataupun pusat" ungkap Erot 

Lebih lanjut Erot mengatakan" melihat kondisi BUMDes disejumlah Desa yang berada di wilayah Kabupaten Lebak, banyak yang mengalami masalah, bahkan bisa disebutkan sebagian besar berjalan tidak normal, sementara bila kita mengacu pada pasal 62 Ayat 3 dan 4 bahwa, bila ditemukan kerugian yang di akibatkan kelalaian dan kesengajaan, maka  penasehat pelaksanaan dan operasional dituntut untuk bertanggung jawab, mulai dari pengembalian hingga pertanggungjawaban secara hukum. 

Dari hasil pe elusuran dibeberapa BUMDes, saya menilai bahwa ini ada unsur kesengajaan maupun kelalaian yang dilakukan secara berjamaah. Bahkan dalam waktu dekat kamis akan melaporkan salah satu BUMDes yang datanya sudah kita kantongi",pungkasnya.


Jurnalis : (Badri)

TerPopuler