Samosir dilanda angin kencang -->

Samosir dilanda angin kencang

31 Mar 2021, Maret 31, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Samosir- Lewat Tengah Malam di Samosir tepatnya di desa Buhit  kecamatan Pangururan Rabu ( 31/3) inii hari di mulai jam 2.30 lolongan anjing bersahut - sahutan dan suasana menjadi sedikit menegangkan setelah lolongan tersebut berhenti dan beberapa waktu kemudian mulailah terdengar suara angin menuju desa dari arah Danau Toba.

Suara angin yang menuju puncak bukit adari arah Danau Toba mengakibatkan suara gemuruh yg cukup kuat bahkan beberapa rumah warga berguncang karena angin tersebut, Suara atap yang seperti berusaha bertahan dari tarikan angin menimbulkan suara yg menakutkan sehingga beberapa penduduk terbangun oleh kegaduhan tersebut dan anjing yang tadinya melolong sama ssekali tak bersuara malam begitu sunyi hanya suara angin yang kuat di sertai deru pohon dan atap yg berderak-derak menahan angin. 

Perihal cuaca ekstreem ini sebelumnya sudah di informasikan oleh dinas terkait tapi apa yang di rasakan malam ini ternyata lebih dari yang terbayangkan,  suasana bemar -bemar mencekam. 

Memasuki akhir bulan Maret 2021, masyarakat Samosir diminta waspada dan tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah. Pasalnya, cuaca ekstrem seperti angin dari Danau Toba sangat kencang.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah( BPBD) Kabupaten Samosir, Mahler Tamba, Selasa(30/3/2021) saat dihubungi menjelaskan, sesuai dengan surat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maka kawasan Danau Toba akan dilanda hujan dan angin kencang.

"Kami akan sosialisasi ke desa desa mulai besok dan kami meminta masyarakat untuk tetap waspada," katanya.

Informasi yang dihimpun malam ini, angin kencang melanda perairan Danau Toba secara khusus kawasan pantai di Pangururan. Akibatnya, ombak air danau pun juga membesar.

Tampak suasana di Buhit begitu mencekam karena llistrik yang padam dan deru angin yang begitu kuat dari arah Danau Toba membuat warga memilih berjaga - jaga sambil berdoa supaya angin yang bertiup sangat kencang itu bisa mereda , karena angin kencang disertai gerimis dan beberapa pohon pohon di tepi pantai tampak bergoyang.

Suara angin kencang yang datang dari danau juga sangat kuat dan terdengar seperti suara pesawat yang hendak terbang menderu dari arah danau ke arah bukit. 

Jalur telekomunikasi masih hidup tidak seperti listrik yang sudah padam hampir 1 jam dari awal angin tadi beetiup kencang,  beberapa warga yang bangun saling memberi informasi dengan teman dan aaudaranya tentang kondisi masing -masing dan di dapat informasi ada beb erapa rumah yang sampai berguncang karena kencangnya angin yang bertiup dan susana hening mencekam hanya suara angin dan atap yg berderak-derak,  suara angin terdengar kuat walaupun kita menggunakan hands free Hand phone,  demikian kuatnya angin yang bertiup dari arah danau ke arah bukit di daerah pangururan ini. 

Bunyi daun dan pohon yang bergoyang bergabung dengan gemurih atap rumah yang berusaha supaya tidak terbawa angin di sertai bunyi angin sendiri yang menderu seperti suara pesawat yang hendak lepas landas mengakibatkan malam terasa teramat mencekam di tambah suasana gelap karena listrik padam. 

Bila kita pandang ke luar terlihat pohon yang tak berhenti bergoyang dan langit yang sedikit terang memutih seperti ada sinar yang menerangi langit sampai cahaya langit tersebut menembus kaca yang biasa berada di atas ventilasi rumah. Tapi perlahan cahanya mulai menghilang dan menjadi gelap dan di iringi angin yang semakin kencang. 

Naomi naibaho salah satu warga onan baru menyatakan hal ini "akhir akhir ini gempa dan angin kencang yang sangat lama, sebenarnya sudah pernah seperti ini, tetapi tidak separah ini, semoga kita semua dalam lingkungan tuhan". ujarnya


Jurnalis : (Aj / val)

TerPopuler