Kantor Arsip Unpad Melakukan Pembinaan Kearsipan Terhadap Kecamatan Jatinangor Dan Desa Se-Kecamatan Jatinangor -->

Kantor Arsip Unpad Melakukan Pembinaan Kearsipan Terhadap Kecamatan Jatinangor Dan Desa Se-Kecamatan Jatinangor

Apr 21, 2021, April 21, 2021
Pasang iklan


Aspirasijabar | Sumedang - Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Kearsipan, Kecamatan Jatinangor menyelenggarakan pembinaan kearsipan bagi aparatur pemerintah kantor kecamatan dan Desa Se Kecamatan Jatinangor.

Pembukaan kegiatan Pembinaaan kearsipan dibuka 0leh Bapa Camat Jatinangor, serta didampingi oleh para pejabat di lingkungan kantor kecamatan jatinangor.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas arsip dan perpustakaan Kabupaten Sumedang yang di wakili Endang Cahya , Kepala Kantor Arsip Unpad, serta narasumber.

Universitas Padjadjaran menjadi narasumber dalam Pembinaan kearsipan bagi ASN Kecamatan dan aparatur desa di kecamatan Jatinangor. Pelatihan kearsipan ini digelar di Aula Kecamatan Jatinangor, Rabu ( 21/4).

Camat Jatinangor Drs Herry Dewantara dalam sambutan pembukaan mengatakan “ sangat berterima kasih kepada kantor arsip unpad yang berkenan membagi ilmu dengan membina kearsipan di kecamatan jatinangor mudah mudahan dengan pembinaan kearsipan ini arsip di kecamatan jatinangor dan desa di jatinangor dapat tertata dengan rapi sehingga kecamatan jatinangor menjadi pilot projek bagi kabupaten sumedang dalam penataan kearsipan”.

Kepala Kantor Arsip Unpad sedang melakukan sambutan Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan yang di wakili oleh Bapak Endang Cahya mengatakan “Penataan arsip di lingkungan kecamatan dan desa sangatlah penting,dan peningkatan SDM tetang kearsipan sangatlah penting sehingga ke depannya tidak ada arsip yang tercecer atau hilang serta pemahaman tentang arsip dapat di resapi oleh ASN di Lingkungan kantor Kecamatan Jatinangor dan Desa di Kecamatan Jatinangor dan berterima kasih kepada Kantor arsip unpad yang telah membina kearsipan di kecamatan jatinangor dan kedepannya mudah mudahan kecamatan yang letaknya dekat dengan unpad menjadi pilot projek kearsipan di kabupaten sumedang.
Kepala Kantor Kearsipan Universitas Padjadjaran NR. Anita Trikusumawati,SE.,MM. Dalam Sambutannya mengatakan “. menilai, aparatur pemerintah perlu memahami pentingnya sebuah arsip. Untuk itu, aparatur diharapkan mampu mengelola arsip dengan baik.

Dalam pembinaan ini menghadirkan nara sumber Sulaeman,SE dan Dafit Pancasena Aryadin,SSi. Sejumlah materi diberikan dalam pelatihan tersebut, seperti: pengelolaan arsip dinamis aktif dan arsip inaktif, sistem kearsipan pola baru tentang pencatatan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan kartu kendali, hingga tata cara pengisian kartu kendali.

Materi selanjutnya yaitu Manajemen Pengelolaan Kerasipan dan pemberlakuan kartu kendali, penyimpanan kartu kendali, penggunaan lembar disposisi, pendistribusian surat, penyimpanan surat dan pemberkasannya, kemudian penataan arsip inaktif secara sederhana setelah masa retensi habis.

Setelah Materi di sampaikan oleh Nara Sumber dilanjutkan dengan Praktek pengelolaan kearsipan di kantor kecamatan dan kantor desa sekecamatan jatinangor, Minggu depan praktek pembinaan kearsipan di mulai di kantor kecamatan jatinangor tiap hari Rabu.

Camat Jatinangor Drs. Herry Dewantara mengapresiasi kepada Unpad khususnya kantor arsip unpad yang telah memberikan materi tentang pengelolaan arsip.

“Mudah mudahan pelatihan ini aparat desa kami dapat menambah wawasan tentang kearsipan sehingga Desa dapat mengelola arisp dengan baik,” ujarnya.

Acara Pembukaan Pembinaan Kearsipan di tutup dengan Foto Bersama.Narasumber dan Peserta nelakukan foto Bersama seusai acara pembukaaan pembinaan kearsipan.


Sumber : ( agus / Red )

TerPopuler