Serda Imam Syaifuddin Bantu Petani Membuat Lahan Penyemaian Benih Padi -->

Serda Imam Syaifuddin Bantu Petani Membuat Lahan Penyemaian Benih Padi

Apr 18, 2021, April 18, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Aceh Timur - Babinsa Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Aceh Timur Serda Imam Syaifuddin melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu petani melaksanakan pembuatan lahan penyemaian benih padi dalam rangka turut mensukseskan Program Swasembada Pangan di wilayah.

Adapun penyiapan lahan penyemaian bibit padi tersebut dilakukan dilahan sawah seluas 10 rante milik Zuraidah, di Desa Meunasah Tunong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (18-04-2021).

Imam Syaifuddin mengatakan bahwa persemaian merupakan hal yang penting dalam pertanian, termasuk penyiapan lahan tempat pembibitan tanaman padi. “Beberapa faktor yang meningkatkan pertumbuhan tanaman pada persemaian yang dipersiapkan yaitu penyiapan lahan semai, jenis dan varietas tanaman yang tentu saja harus unggul dan bagus,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam bercocok tanam padi, benih padi yang bagus dan unggul akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit, selain itu pertumbuhannya juga bagus, waktu panen yang lebih singkat serta hasil panen yang optimal,” jelasnya.

Selain melakukan pendampingan penyiapan lahan tempat penyemaian, Babinsa dalam kesempatan itu juga menghimbau kepada Zuraidah agar menyiapkan jala untuk mengantisipasi adanya hama padi yang dapat merusak pembibitan padi ini.

Kehadiran Babinsa ditengah-tengah petani tentunya membuat para petani sangat senang. Atas pendampingan yang dilakukan Babinsa tersebut, Zuraidah mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran Serda Imam Syaifuddin selaku Babinsa. “Saya senang Babinsa bisa hadir ditengah-tengah kami. Setidaknya dapat terbantu untuk penyiapan lahan tempat penyemaian bibit benih padi,” ungkap Zuraidah. 

Sementara ditempat terpisah Danramil 20/Ptb Kapten Kav Safari mengatakan kegiatan ini selain sebagai pogram pembinaan ketahanan pangan Kodim 0104/Atim, juga untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah lahan sawahnya guna mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

Selain itu, lanjutnya, para Babinsa akan terus membantu petani di kelompok-kelompok tani masing-masing.

“Babinsa juga harus mengetahui perkembangan kegiatan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya dan turut membantu sesuai dengan kemampuannya, agar bisa manghasilkan padi yang kualitasnya bagus,” pungkas Danramil.


Red,

TerPopuler