Tanpa Papan Informasi Pembangunan Draenase Di Desa Keramat jaya Gunungkencana Kabupaten Lebak Diduga Proyek Siluman -->

Tanpa Papan Informasi Pembangunan Draenase Di Desa Keramat jaya Gunungkencana Kabupaten Lebak Diduga Proyek Siluman

27 Mei 2021, Mei 27, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar |Lebak - Pembangunan saluran irigasi di Desa Keramatjaya  Kecamatan Gunung kencana Kabupaten Lebak Diduga proyek "Siluman", pasalnya dilokasi kegiatan tidak terllihat papan nama proyek terpasang, padahal kegiatan tersebut sedang  berjalan

Dalam undang-undang keterbukaan Informasi Publik(KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan 70 Tahun 2012, sudah diatur bahwa setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara, wajib memasang papan nama proyek, dilokasi kegiatan.

Hal ini ditanggapi serius oleh Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Lebak Ormas  Badak Banten Perjuangan (BBP) Erot rohman saat ditemui dirumahnya. Erot rohman mengatakan, " Adanya indikasi melawan hukum, ketika proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama, ini ada dugaan  Sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran. " Kata Erot (26/05/2021) .

Lebih lanjut Erot rohman meminta agar aparat penegak hukum mengaudit dan mengusut pengerjaan proyek itu. Jika nantinya ditemukan atau terbukti adanya indikasi melawan hukum harus dimintai pertanggung jawaban. 

" saya berharap pihak penegak hukum segera untuk turun ke lapangan, agar dapat melihat langsung apakah ada indikasi melawan hukum dengan cara memperkaya diri sendiri"Pinta Erot

Sementara saat dihubunvi Via Whatsapp  Pei yang diduga sebagai pelaksana dan pengguna anggaran tidak merespon, " 

Hasil pantauan  dilapangan  terlihat pembangunan sedang dikerjakan dan menurut salah seorang tukang pekerjaan sudah berjalan sekitar tiga minggu" pekerjaan sudah hampir tiga minggu. Waktu pertama pekerja sekitar 25 orang tapi sekarang hanya sekitar belasan saja, kalau papan informasi pernah terpasang tapi sepertinya diopot lagi" ungkapnya.

Selain tidak terpasang papan informasi juga terlihat ada pengambilan material  batu belah dan dipergunakan pada pembangunan proyek siluman tersebut.

Dari iformasi yang didapat bahwa pembangunan tersdbut adalah Program Percepatan Peningkatan Tata  Guna Air Irigasi( P3GAI )berasal dari Kementerian PUPR melalui satker BBWSC3 (Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidanau) provinsi Banten.

Penulis : (Badri)

TerPopuler