ANGGOTA DPD RI MENDUKUNG BUDI DAYA DOMBA PADJADJARAN Di KELOMPOK KARYA MANDIRI PRIMA -->

ANGGOTA DPD RI MENDUKUNG BUDI DAYA DOMBA PADJADJARAN Di KELOMPOK KARYA MANDIRI PRIMA

12 Jun 2021, Juni 12, 2021
Pasang iklan

Anggota DPD RI Dr Ir Hj Eni Sumarni 

 Aspirasijabar | Sumedang - Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Karya Mandiri Prima Desa SukaWangi Kecamatan Pamulihan menerima kunjungan dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Dr Ir Hj Eni Sumarni M.kes Kunjungan diterima di sekretariat Kelompok Karya Mandiri Prima, Dusun Margabakti, Desa Sukawangi, Pamulihan, Sumedang, Jum’at (11/6/2021). Kelompok ini merupakan binaan dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Dalam kunjungan tersebut, Anggota DPD RI Dr.Ir.Hj. Eni Sumarna.M.Kes. diterima secara resmi Kepala Desa Sukawangi, Kepala UPTD Peternakan beserta Staf dan Ketua Kelompok Karya Mandiri Prima beserta anggota kelompok.

Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk melihat bagaimana  pelaksanaan kerja sama antara Fapet Unpad dan Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang. Di dusun tersebut, Fapet Unpad mengembangkan budidaya ternak Domba Padjadjaran, jenis domba hasil penelitan para dosen dan juga kelompok tersebut menghasilkan produk produk seperti Kopi, Tepung,Gula Singkong dan Teh  yang di pasarkan lewat Badan Usaha Milik Desa Sukawanggi Kecamatan Pamulihan.Bunda Eni Melihat Domba Padjadjaran (Foto Agus)

Dalam Sambutannya  Ketua Kelompok Karya Mandiri Prima  mengatakan,” Selamat Datang kepada Bunda Eni yang bersedia berkunjung ke kelompok kami, kegiatan kelompok kami salah satunya adalah menembangbiakan Domba Padjadjaran hasil penelitian dosen fapet unpad  dan  juga  Kelompok Kami dibina oleh Fapet Unpad , mudah mudahan domba padjadjaran ini  dapat memberikan manfaat yang baik bagi warga. Sehingga Domba Padjadjaran ini diharapkan ke depannya dapat memberikan prospek baik sekaligus menjadi ikon baru di Kabupaten Sumedang.

Dalam kunjungannya Bunda Eni mengatakan, “.Domba padjadjaran yg sedang dikembangkan  sangat prosfektif   karena ini pilot project oleh karena itu harus benar benar fokus berapa kg pakan per hari per ekor dan berapa kg  kenaikan daging rata rata per hari setelah dikasih pakan sesuai takaran tersebut sehingga  bisa buat cash flow project  atau analisa usaha  sampai bisa hitung shu yg didapatkan  per ekor dan dapat digunakan acuan untuk MOU dengan para lnvestor agar domba padjadjaran  segera menjadi komoditi ternak unggulan Desa Sukawangi kabupaten Sumedang  yang bisa market dalam maupun luar negeri”

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang mau membina kelompok ini dan berkalaborasi dengan kelompok mudah mudahan ini kegiatan ini dapat meningkatkan semua potensi yang ada di  masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi  masyarakat”ujarnyaBunda Eni meninjau Tempat Pembuatan Pakan Ternak (Foto Agus)

Setelah Diskusi Bunda Eni melihat Domba Padjadjaran, Tempat Pembuatan Pakan Ternak dan juga melihat Badan Usaha Milik Desa SukaWanggi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. 

Sumber : (AP)

Red,q

 

TerPopuler