Basarnas Ternate Gelar Pelatihan Potensi Sar Water Rescue Dan Underwater Rescue Di Kab. Pulau Morotai -->

Basarnas Ternate Gelar Pelatihan Potensi Sar Water Rescue Dan Underwater Rescue Di Kab. Pulau Morotai

12 Jul 2021, Juli 12, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar || Morotai - Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate menggelar pelatihan Potensi SAR Water Rescue (Pertolongan di Permukaan Air) dan Underwater Rescue (Pertolongan Di Bawah Air) di Kab. Pulau Morotai, pelatihan tersebut ditandai dari pembukaan secara resmi oleh Bupati Kab. Pulau Morotai yang diwakili oleh Asisten 2 Kab. Kepulauan Morotai, Bapak Umar Ali, S.E. dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran mata rantai virus Covid-19.Senin. (12/07/2021)

Bupati Kab. Pulau Morotai, Benny Laos dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 2 Kab. Kepulauan Morotai, Beliau mengatakan bahwa Terimakasih Kepada Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate yang telah melaksanakan kegiatan potensi Sar Di Morotai. Pelatihan pertolongan di permukaan dan bawah air yang diselenggarakan ini sudah tepat sasaran, mengingat wilayah perairan di Kabupaten Pulau morotai dan Maluku 
Utara ini cukup luas. Pengetahuan serta ketrampilan (skill) 
para personil dalam melaksanakan pertolongan di air haruslah selalu diasah dan diperbarui demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. 

Saya berharap dengan diselenggarakan pelatihan potensi SAR yang rutin, akan didapatkan output yang maksimal, kesamaan persepsi antar instansi serta profesionalitas dalam pelaksanaan operasi SAR dan apabila di kemudian hari terjadi kecelakaan pelayaran di wilayah Kabupaten Pulau Morotai. Pemerintah Kabupaten Pulau morotai akan selalu mendukung unuk kepentingan keselamatan bersama dalam rangka mewujudkan negara yang bebas dari kecelakaan maupun bencana, sekurang-kurangnya untuk menekan angka timbulnya korban jiwa. Tentu kita manusia hanya bisa berusaha sekeras mungkin, sisanya kita serahkan 
kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. "Tutupnya".

Sementara itu Muhamad Arafah. S.H. M.Si. selaku Kepala Basarnas Ternate dan Penyelenggara Pelatihan Potensi SAR di Kab. Pulau Morotai mengatakan "Maksud dari Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Air ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Potensi Pencarian dan Pertolongan di Kab. Pulau Morotai, Tentang Teknik Pertolongan di Air kepada korban yang membutuhkan bantuan SAR, mengingat wilayah Maluku Utara sebagian besar merupakan perairan.

Sedangkan tujuannya yaitu diantaranya memberikan pengatahuan dan keterampilan tentang Pertolongan Water rescue dan Underwater Rescue, meingkatkan kemampuan masyarakat dalam melaksanakan evakuasi, sebagai sarana forum berbagi pengalaman sekaligus sinergitas dan solidartas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate khususnya Unit Siaga SAR Morotai dengan Potensi SAR Morotai”.

Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan potensi SAR diantaranya Danramil Morotai Mayor Putu Artana, Kadis Ops Lanud Leo Wattimena Morotai Mayor Rofiq, Pasiops Lanal Morotai, Kepala Desa Juanga dan kepala Desa Gotalamo serta tamu undangan lainnya. 

Sementara peserta pelatihan Potensi SAR Terdiri dari TNI/Polri dan Instansi pemerintah baik sipil maupun swasta lainnya di Kab. Pulau Morotai. (oje)

TerPopuler