BPP Darangdan Purwakarta Dorong Perekonomian Petani Melalui Pembangunan Jalan Usaha Tani -->

BPP Darangdan Purwakarta Dorong Perekonomian Petani Melalui Pembangunan Jalan Usaha Tani

4 Sep 2021, September 04, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Purwakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan anggaran bantuan dari pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat dampak pandemi covid-19.

Hal ini dilakukan karena pandemi berdampak pada multisektor, sedangkan pemenuhan kebutuhan pangan bagi jutaan penduduk Indonesia mutlak harus  terpenuhi.

Untuk itu, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian  (Ditjen PSP) menyalurkan anggaran bantuan, salah satunya dengan pengembangan jalan pertanian, pengembangan ini dilakukan untuk mengedapankan perputaran roda ekonomi masyarakat  terutama petani, dengan pengupayaan tenaga kerja padat karya.

Untuk program ini, Kementan menyasar beberapa Gabungan  Kelompok Tanin dan Kelompok Tani (Gapoktan/Poktan) di Kabupaten Purwakarta untuk menerima bantuan pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT).

Salah satunya Gapoktan yang menerima bantuan untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT)  yaitu Gapoktan Linggajaya   Desa Cilingga Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta:
yang bernaung ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Darangdan.

Menurut Ketua Gapoktan Linggajaya  H.Abad Badrudin saat dikonfirmasi  media di lokasi pembangunan jalan, Sabtu 04-September 2021 mengatakan, bahwa Gapoktan Linggajaya   mendapat bantuan pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 700-meter, lebar 120-meter, antara Kp. Cinangka Desa Cilingga  sampai Pesawahan Pasir Batu Kp. Baru Desa Cilingga. "Ucap H.Abad Badrudin"
Lanjut Ia mengatakan,  kami bersama 130-anggota Gapoktan Linggajaya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini kepada Dispangtan Purwakarta dan kepada BPP Darangdan atas kepeduliannya kepada kami dimasa pandemi ini.

Sehingga dengan dibangunnya akses jalan usaha tani ini, tentunya memperlancar perjalanan aktifitas petani, baik pulang maun pergi, juga tentu jalan tersebut mempercepat pengangkutan hasil tani, terutama  menggunakan sepedah motor, bila saatnya musim panen. 

Mudah mudahan saja pandemi covid-19 segera sirna dari Negeri ini khususnya di Purwakarta. "Terang H.Abad"

Ditempat terpisah Koordinator Mantri Tani BPP Darangdan Satom, SP yang didampingi Angga Saepul Holid, SP  penyuluh pertanian BPP Darangdan, Alhamdulillah seluruh Poktan dan Gapoktan binaan BPP Darangdan seluruhnya telah mendapat bantuan dari pemerintah sesuai profosal yang mereka ajukan, salah satunya Gapoktan Linggajaya telah  mendapat bantuan akses jalan usaha tani dari Kementan, juga terima kasih kepada Pj Kades Cilingga Ita Sasmita beserta Stap yang turun langsung monitor  kelokasi pemeluran jalan "Kata Satom,SP"

Koordinator Mantri Tani BPP Darangdan menyebut, sekalipun BPP Darangdan kekurangan Penyuluh Pertanian, tapi alhamdulillah 56-Poktan dan Gapoktan  dari 15-desa seKecamatan Darangdan 
bisa dibina sebagaiman mestinya.

Mudah mudahan kedepan BPP Darangdan mendapat  tambahan personil. "Pungkas Satom"

Penulis : Bah.

TerPopuler