Bupati samosir buka secara resmi pelatihan pengelolaan usaha homestay -->

Bupati samosir buka secara resmi pelatihan pengelolaan usaha homestay

27 Okt 2021, Oktober 27, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Samosir - Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom yang diwakili Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan, S.Sos membuka secara resmi Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay di Hotel JTS Parbaba Kecamatan Pangururan, Selasa (26/10/21).


Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola usaha homestay agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, yang diikuti 40 calon potensial Pengelola Homestay di 2 KTA (Key Tourism Area), yaitu Pangururan dan Simanindo, yang mendapat bantuan fasilitas revitalisasi homestay dari Kementerian PUPR RI.

Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 26 sampai dengan 28 Oktober 2021, dengan metode 50% penyampaian materi, 20% diskusi dan kerja kelompok serta 30% kunjungan lapangan.

 Pelatihan ini menghadirkan 3 narasumber dari unsur pemerintah yaitu Rudi SM Siahaan Kepala Bappeda Kab. Samosir, Tetti Naibaho, SS  Kabid Kebudayaan pada Dinas Budpora Kab. Samosir sekaligus Pengelola Homestay Hutatinggi, praktisi/pengelola homestay dan akademisi dibidang kepariwisataan yaitu Ellyta E. Tambunan, S.Par, M.Sc Dosen dari Akpar Medan.

Bupati Samosir dalam sambutannya, yang dibacakan Kadis Pariwisata menyampaikan bahwa, pengelolaan homestay merupakan salah satu strategi pemerintah untuk menggalakkan pariwisata berbasis masyarakat. Oleh Karena itu kualitas dan kuantitas SDM pariwisata khususnya pengelola homestay harus mendapat perhatian dan prioritas utama dalam membangun citra kepariwisataan serta kepercayaan wisatawan.

Bupati juga mengatakan bahwa, pengembangan pariwisata tidak dapat berdiri sendiri, namun senantiasa bersinggungan dengan aspek lainnya, seperti ketersediaan akomodasi para pengunjung seperti; hotel dan homestay. Karena itu melalui pelatihan tersebut, Bupati berharap para pelaku usaha homestay, dapat merubah mindset pada aspek hospitality atau pelayanan dan keramahan sebagai tuan rumah. 


Mengakhiri sambutannya Bupati Samosir meminta kepada peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan serius, berkomitmen penuh memanfaatkan kegiatan sebagai wadah melahirkan inspirasi baru, melahirkan inovasi dan kreatifitas, serta menjadi pelaku pelaku tidak kenal lelah membangun diri, membangun keluarga, dan membangun desanya untuk pariwisata samosir yang gemilang dan berdaya saing. Jadilah Pelaku (be the doers), jadilah kreatif (be creative) dan jadilah konsisten (be consistent), ujar Bupati. 


Pada kesempatan tersebut Bupati Samosir, yang diwakili Kadis Pariwisata menyerahkan secara simbolis bahan perlengkapan homestay berupa; alat kebersihan, thermogun dan handsaniteizer kepada peserta pelatihan.
Hadir pada kegiatan tersebut Camat Pangururan, Kadis PPAMD yang diwakili Sekretaris, Kadis Nakerkoperindag yang diwakili Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Kades Simarmata, Kades Dosroha, Kades Sialanguan, Kades Situngkir, Kades Hutabolon, Kades Lumban Suhi Suhi, Kades Hutatinggi dan undangan lainnya.


Pewarta : Valen

TerPopuler