Mensos Risma Tinjau Lokasi Bencana di Kecamatan Sukawening -->

Mensos Risma Tinjau Lokasi Bencana di Kecamatan Sukawening

30 Nov 2021, November 30, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Sukawening. Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini, melakukan peninjauan lokasi bencana banjir bandang di Kampung Ciloa, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Senin (29/11/2021). 

"Kemensos bersama Pemkab Garut akan mendirikan lumbung sosial yang didalamnya berisi makanan, kebutuhan lain, sampai ke peralatan dapur"

Kedatangan Mensos Risma pukul 17.48 WIB diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, Kapolres Garut, Setda Garut, Kadis Dinsos Garut, Kabid Limjamsos, Forkompincam Kecamaatan Sukawaning, Forkompincam Wanaraja, dan Kepala Desa Mekarwangi di lokasi bencana.

Wabup Garut menyampaikan rasa terima kasihnya atas pemberian bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemenso) RI, dan bahkan Mensos RI hadir secara langsung ke Kabupaten Garut serta memberikan dukungan kepada para penyintas banjir bandang.
Dalam kesempatan ini, Mensos Risma memberikan bantuan paket sembako, hingga alat sekolah bagi para penyintas bencana. Bahkan, Risma juga memberikan bantuan berupa alat bantu dengar kepada salah seorang anak yang mengalami tuna rungu. 

"Ya saya ucapkan terimakasih ada bantuan dari Kementrian Sosial bersama sama dengan kehadiran Ibu Risma, Alhamdulilah 7 orang yang mendapatkan bantuan khusus, mulai dari pada alat alat sekolah kemudian rekening untuk biaya sekolahnya, kemudian ada juga yang anak kita yang kurang pendengaran Alhamdulilah dibantu alat pendengar, saya tes langsung jadi alat tes nya jalan," ujar Wabup Garut.

Sementara itu, Mensos RI, Tri Rismaharini, dalam kunjungannya menyampaikan, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan mencoba membuat lumbung yang bernama Lumbung Sosial yang didalamnya berisi makanan, kebutuhan lain, sampai ke peralatan dapur.

Ia memaparkan, penerapan lumbung sosial di beberapa daerah berjalan cukup efektif, karena ketika situasi darurat bencana bisa langsung digunakan. "Ya efektif, kayak kemarin, saya (di) Pasir Luwu, terjadi longsor. 
Saya ke sana, kemudian saya paksakan untuk dirikan itu (Lumbung Sosial) ternyata tiba-tiba dia tertutup jalannya karena banjir bandang. Nah, itu sangat bisa langsung digunakan. Kita tidak perlu mengirim dari luar. Karena kalau mengirim dari luar juga resikonya terlalu tinggi untuk pembawa bantuan itu," papar Mensos Risma.

Ia menuturkan pihaknya nanti akan membantu untuk mengisi kebutuhan dari Lumbung Sosial, termasuk dengan kebutuhan peralatannya. "Nah, kalau itu di kita. Tadi, sudah saya sampaikan, Pak (Wakil) Bupati, uangnya katanya tinggal 2 Milyar saja. Saya sampaikan, sudah itu nanti di kita, kita akan bantu untuk mengisi lumbung itu, ya, dengan peralatannya." tandasnya.

Dalam kesempatan ini pula, selain memberikan bantuan alat sekolah, rekening biaya sekolah, sampai ke alat bantu pendengaran. Mensos Risma didampingi Wabup menyerahkan kurang lebih 200 paket bantuan kepada para penyintas di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

"Sementara mengenai adanya rumah yang rusak, untuk pembangunan rumah kembali nanti pihak PUPR tugasnya, Saya kan Menteri sosial ujar Risma"

Salah satu korban bencana banjir bandang Kurnia, berharap semoga ibu Menteri Sosial bisa mengkoordinasikan dengan Menteri PUPR pusat untuk pembangunan kembali rumah yang rusak. Harapnya


Pewarta : Beni

TerPopuler