Pemerintah Kecamatan Darangdan Gelar Rapat Para Kepala Desa -->

Pemerintah Kecamatan Darangdan Gelar Rapat Para Kepala Desa

3 Nov 2021, November 03, 2021
Pasang iklan

Aspirasijabar | Purwakarta - Pemerintah Kecamatan Darangdan dalam hal ini Sekcam Darangdan Babang Subarna, M.Pd memimpin rapat minggo para Kepala Desa yang berlangsung di Pendopo Kecamatan,  pada Rabu 03-Nopember 2021.

Gelaran rapat minggon tersebut  selain dihadiri para Kepala Desa juga dihadiri para Kasi dan Kasubag Kecamatan Darangdan.

Sekcam Darangdan Babang Subarna, M.Pd yang didampingi Imas Suryaningrat, S.Pd Kasi Tapem Kecamatan Darangdan saat dikonfirmasi media usai memimpin rapat (03/11) mengatakan, kami didelegasikan oleh Pak Camat untuk  memimpin rapat minggon para  Kepala Desa  dan yang mewakilinya.

Materi yang kami sampaikan  terkait pengelolaan Dan Desa (DD) baik fisik maupun non fisik termasuk pengadministrasiannya harus jelas sesuai petunjuk guna untuk memudahkan pertanggungjawaban, termasuk bila adanya pembinaan administrasi, baik dari kecamatan maupun dari  Inspsektorat. Ucap Babang Subarna"

Kemudian bagi para Kepala Desa jangan mudah untuk melakukan resafel perangkat desa, meskipun Kepala Desa diberikan kewenangan langsung oleh Undang-Undang Desa dalam mengangkat dan memberhentikan perangkat desa, namun hal tersebut bukanlah suatu kewenangan mutlak yang dimiliki oleh kepala desa, sebab memberhentikan dan mengangkat perangkat Desa harus melalui prosedur.

Prosedur dalam mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa harus berdasarkan pertimbangan yang dilakukan Kepala Desa, dan harus berdasarkan hasil penelitian, pertama Kepala Desa pada awalnya membentuk tim panitia seleksi yang kemudian tim panitia seleksi bersama Kepala Desa melakukan penjaringan dan penyaringan calon perangkat Desa, setelah masa penjaringan dan penyaringan selsai, maka Kepala Desa melakukan konsultasi terhadap camat dengan tujuan untuk memperoleh suatu rekomendasi pengangkatan perangkat desa. 
Kemudian apabila telah memperoleh persetujuan dari camat maka kepala desa menerbitkan surat keputusan pengangkatan perangkat desa dan bisa dilanjutkan dengan pelantikan perangkat Desa," Hal itu perlu juga bermusyawarah dengan lembaga yang ada di desa. "Jelasnya"

Kepala Desa dan perangkat Desa perlu belajar dan  memperhatika "IMPELDesa" Sistem Informasi Manajemen  dan Pelayan Desa (Impeldesa) adalah Aplilasi berbasis Web Base ( Dashboard) yang interintegrasi dengan Apps (Adroid) untuk mempermudah interaksi Administrasi, Pelayanan dan Usaha Desa antara Pemerintahan Desa Masyarakat:

-Mendigitalkan proses administrasi dan pelayanan Desa.

-Memudahkan perangkat Desa dalam mengerjakan administrasi dan pelayanan terhadap masyarakat.

-Transparansi informasi publik dan komunal vertikal antara pemerintahan Desa dan masyarakat.

-Mengembangkan ekonomi kreaktif masyarakat Desa melalui e-Bisnis Desa dan meningkatkan usaha mikro/makro masyarakat Desa.

-Menambah unit usaha  Badan Usaha Milik Desa  ( BUMDes).
-Menambah Pendapatan Asli Desa (PADesa).

-Memudahkan Pemerintahan dan Lembaga Desa dam memberikan informasi kepada seluruh masyarakat desa. "Terang Sekcam Darangdan"

Kemudian menurut Imas Suryaningrat, Kasi Tapem Kecamatan Darangdan, merupakan himbauan kepada para kepala desa terkait pengerahan warga untuk melaksanakan vaksinasi dan menggiatkan K.3 termasuk Jumsih. "Pungkasnya"


Penulis : Bah Endang.

TerPopuler