Bupati Samosir Audiensi dengan Kementerian ESDM, Berharap Dukungan Penerangan Jalan Umum dan PLTS Rooftop -->

Bupati Samosir Audiensi dengan Kementerian ESDM, Berharap Dukungan Penerangan Jalan Umum dan PLTS Rooftop

9 Mar 2022, Maret 09, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Samosir - emerintah Kabupaten Samosir yang dipimpin Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom didampingi Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda, Plt Kadis PUTR melakukan audiensi dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI, di Jakarta, Selasa (08/03/22).

 Jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir diterima oleh Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi.

Adapun kunjungan Bupati Samosir bersama tim adalah tindak lanjut kunjungan Presiden RI pada februari silam dan untuk percepatan 10 program unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir. Kunjungan ini juga adalah bentuk sinergitas dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Vandiko memaparkan kebutuhan-kebutuhan Kabupaten Samosir khususnya yang berhubungan dengan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, seperti kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk kantor-kantor pemerintahan di Samosir. 

“Dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya sesuai dengan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) for Lake Toba yaitu Pariwisata, Membangun dan Memajukan Tanah Leluhur, Oleh dan Bagi Seluruh Masyarakat dan pencapaian Program Prioritas Sub Sektor Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dibutuhkan sinergitas dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam hal meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPnSP) Danau Toba” jelas Bupati Vandiko.

Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi menyambut baik paparan Jajaran Pemkab Samosir, dan akan menampung usulan-usulan Pemkab Samosir tersebut untuk dimasukkan kedalam rencana anggaran Kementerian ESDM. Dijelaskan juga pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan Pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) sebanyak 100 titik di Kabupaten Samosir.

Di akhir pertemuan, Bupati Samosir menyerahkan proposal permohonan bantuan bantuan Penerangan Jalan Umum Tata Surya (PJU-TS) pada lokasi destinasi pariwisata dan pembangunan PLTS rooftop pada Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial (Fasum-Fasos) di Kabupaten Samosir.


Pewarta : (Valen)

TerPopuler