Fapet Unpad Dorong Perkembangan Peternakan di Situraja -->

Fapet Unpad Dorong Perkembangan Peternakan di Situraja

28 Mar 2022, Maret 28, 2022
Pasang iklan
Para Nara sumber sedang memberikan materi dalam acara diskusi (foto agus)

Aspirasijabar | Sumedang - Perkembangan Peternakan di Kabupten Sumedang cenderung mengalami peningkatan. Untuk mendorong peningkatan populasi peternakan, perlu manajemen budidaya yang baik. 

Salah satu adalah penyediaan bahan pakan/pakan temak yang berkualitas,"Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung unsur gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kebutuhan ternak untuk pertumbuhan dan berproduksi. 

Barbagai jenis bahan pakan yang tersedia berpotensi sebagai bahan pakan lokal, "Bahanbahan pakan ini sudah dimanfaatkan oleh peternak dan menjadi suatu kebiasaan setempat atau suatu kearifan lokal,"Pakan yang baik dan murah biayanya juga diupayakan oleh peternak,"Perlu dipelajari jenis jenis bahan pakan lokal dan formulasi yang digunakan oleh peternak. 

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi jenis jenis bahan pakan lokal dan formulasi oleh peternak sebagai suatu kearifan lokal di Desa Malaka Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang.

Untuk memanfaatkan lahan Desa menjadi produktif dengan menjadikan sebagai sentra Pakan dan Sentra Petemakan yang dapat meningkatkan populasi peternakan sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat di masa pandemi ini. 

Maka untuk meningkat peternakan dan untuk melihat potensi peternakan di Desa Malaka Kecamatan Situraja , Camat Situraja mengandeng Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran untuk memberikan masukan dan meninjau lahan yang akan di jadikan sebagai sentra pakan dan sentra peternakan pada hari Rabu 23 Maret 2022 bertempat di Desa Malaka Kabupaten Sumedang.

Acara di mulai dengan Pemamaparan pengetahuan Tentang Peternakan oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM. Dilanjutkan dengan pemaparan dari sektor pertanian oleh kepala dinas pertanian Sahidin. 

Kepala Desa Malaka mengatakan "sangat berterima kasih atas kedatangannya dan bersedia memberikan ilmunya ke masyarakat kami semoga masyarakat kami dapat meningkatkan pengetahuan tentang Pertanian dan Peternakan, karena dalam masa pandemi ini sektor pertanian dan sektor peternakan sangat di andalkan dalam peningkatan pendapatan masyarakat di mana masyarakat kami sebagian besar mata pencahariannya di bidang pertanian dan peternakan” 

“Kami dari desa rencannya akan membuat sentra pakan ternak dan sentra peternakan di lahan kas desa malaka sehingga masyarakat yang memerlukan pakan temak tidak terlalau jauh dan Peternakan dapat terpusat sehingga mudah untuk mengontrolan perkembangan ternaknya kedepannya dapat meningkatkan penghasilan dari masyarakat" ujarnya. 
Dekan Fapet, Wadek II Pertanian dan Kepala Dinas Pertanian sedang meninjau lahan yang akan di jadikan sebagai sentra pakan dan sentra peternakan 

Dekan Fakultas Petemakan Unpad “mengatakan, pihaknya, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran hadir di Desa Malaka atas undangan Camat Situraja guna menginventarisir permasalahan Peternakan di Desa Malaka dan untuk melihat sekaligus meninjau tempat yang akan di jadikan sebagai sentra pakan ternak dan sentra peternakan" 

“Selain itu mencari pemecahan permasalahan peternakan Kita sama-sama bisa sharing masalah peternakan dengan masyarakat di desa malaka yang di harapkan ke depannya sumberdaya peternak di Desa Malaka akan semakin meningkat," tuturnya. 

“Kegiatan ini ditunjang juga oleh program kerjasama antara Fakultas Peternakan dengan Dinas Petemakan Kabupaten,Sumedang.

Kehadiran kami ini sekaligus Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Sumedang, pada prinsipnya kami siap membantu Desa Malaka untuk meningkatkan SDM di bidang peternakan karena di Fakultas ada ahli di bidang pakan, Bidang Perkembangan Ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan" ujarnya 

Dalam kegiatan tersebut hadir juga dari kalangan pengusaha muda milenial Pramudya Budi sasangko yang merupakan Mahasiswa Aktif Fisip Unpad yang bergerak di bidang Pertanian dan Peternakan PT.Mandala Pratama Nusantara Denmas Tani 

Pramudya Budi Sasongko mengatakan “Perusahaan kami sangat mendukung kegiatan ini,Perusahaan kami menghasilkan pupuk dan vitamin buat ternak dan tentunya kami siap meelaksanakan pendampingan kepada petani dan peternak, karena pabrik kami ada sumedang tentu produk kami bisa di manfaatkan di sumedang, karena produk sudah di manfaatkan di luar sumedang di Kalimantan dan pulau luar jawa lainnya, mudah mudahan produk kami dapat bermanfaat bagi petani di desa malaka kecamatan situraja”. 

Dalam acara ini di hadiri pula oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang,Camat Situraja,Kepala Desa Malaka,Dekan Fakaultas Peternakan,Wakil Dekan II Pertanian, Unsur Pemerintahan Desa dan Masyarakat. Setelah acara diskusi selesai dilanjutkan kemudiaan dengan meninjau lahan Kas Desa yang rencananya akan di jadikan kawasan sentra pakan dan sentra ternak.


Sumber : (Agus) 
Red, 



TerPopuler