Wakil Menteri Perdagangan RI Bersama Bupati Garut Resmikan Pasar Rakyat Leles -->

Wakil Menteri Perdagangan RI Bersama Bupati Garut Resmikan Pasar Rakyat Leles

31 Mar 2022, Maret 31, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan, SH MH MP, mendampingi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, Jerry Sambuaga meresmikan Pasar Rakyat Leles yang berlokasi di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Rabu 30 Maret 2022.

Wamendag RI menuturkan, bahwa kunjungannya ke Kabupaten Garut kali ini adalah dalam rangka peresmian Pasar Leles di Kabupaten Garut yang sudah diagendakan sejak lama, untuk memastikan sentra aktivitas perdagangan masyarakat khususnya di Kecamatan Leles dapat terpenuhi.

Ia berharap, dengan adanya program digitalisasi yang bekerja sama dengan beberapa stakeholder salah satunya Bank Indonesia, transaksi pembayaran yang dilakukan dipasar bisa menggunakan sistem pembayaran digital yaitu Qris. 

Menurutnya, selain praktis pembayaran melalui sistem pembayaran digital juga dapat mengurangi kontak fisik antara pembeli dan penjual terutama di masa pandemi Covid-19.

“Dan itu merupakan salah satu bentuk bagaimana komitment dari pemerintah dari Garut, daerah, dan juga dari pusat untuk sama-sama bersinergi memastikan bahwa pasar itu menjadi sumber aktivitas yang baik dan bisa menyehatkan khususnya di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.
Ditempat yang sama, Bupati Garut secara khusus menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat atas keterlambatan peresmian Pasar Leles ini. Ia berpesan agar Pasar Leles ini digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Silahkan bapak dan ibu menggunakan tempat ini bapak-ibu hanya membayar retribusi dan ketentuan lain melalui mekanisme yang diatur oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (dan ESDM) beserta dengan IWAPA (Ikatan Warga Pasar) setempat,” kata Bupati Garut.

Sesuai dengan hasil dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 terkait fasilitas yang kurang, Rudy berjanji, ke depan pihaknya akan mengoptimalisasi fasilitas pasar-pasar milik pemerintah daerah. Ia juga berterimakasih kepada pemerintah pusat yang selalu mendukung program dari pemerintah daerah.

Di tempat yang sama, Kadisperindag dan ESDM Garut, Nia Gania Karyana, menyampaikan bahwa Kabupaten Garut memiliki 15 pasar di mana 13 pasar milik pemerintah daerah, dan 2 pasar milik perusahaan (swasta).
“Semasa Pak Rudy Gunawan dan Pak helmi menjabat sudah 3 pasar yang kita direvitalisasi, anggarannya bisa mencapai 100 miliar yaitu pasar wanaraja, samarang, termasuk juga pasar Leles yang dibangun melalui 4 tahap,” kata Nia Gania.

Selain itu, ia menyampaikan, pihaknya pernah menerima DAK (Dana Alokasi Khusus) dari Kementerian Perdagangan untuk membangun 3 pasar desa di Kabupaten Garut, salah satunya Pasar Pancasura yang berlokasi di Kecamatan Singajaya.

“Kemudian perlu kami sampaikan juga bahwa kami pun di masa Pak Rudy Gunawan menerima DAK dari Kementrian Perdagangan, serta mampu membangun 3 pasar, yang sifatnya pasar desa dari DAK, ada Pancasura, kemudian Pasirwangi, dan Cijambe sekarang sudah berfungsi optimal,” ujarnya.

Salah satu pedagang telur di Pasar Leles, yang berkesempatan produknya dibeli oleh Wamendag RI, merasa sangat terbantu dengan adanya revitalisasi Pasar Leles ini. Ia berharap, kedepan perekonomiannya bisa menjadi lebih baik lagi, "Manfaatnya ya bagus pertama perekonomian lebih baik ya,” Tandasnya.

Peresmian ini juga dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, Wakil Bupati, dr. Helmi Budiman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, serta para pejabat lainnya.


Jurnalis : (Beni)

TerPopuler