Desa Sukamukti Banyuresmi, Memiliki Nilai Sempurna Saat Penilaian Lomba Desa Tahun 2022 -->

Desa Sukamukti Banyuresmi, Memiliki Nilai Sempurna Saat Penilaian Lomba Desa Tahun 2022

2 Apr 2022, April 02, 2022
Pasang iklan
Aspirasijabar | Garut
- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menggelar kegiatan lomba Desa tingkat Kabupaten tahun 2022, untuk hari ini baru 4 Kecamatan dan 4 Desa yang ikut lomba desa, sedang dalam penilaian.

Sekitar pukul 18.30 WIB, Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi terakhir mendapatkan penilaian dari Dinas DPMD Kabupaten Garut. Untuk Desa Sukamukti dikatakan memiliki nilai sempurna, ucap Tim penilai Dedi Mulyadi, SH, MP menyampaikan kepada awak media, usai menilai lokasi Wisata Bagendit III Desa sukamukti. Kamis, 31 Maret 2022

Menurutnya Desa Sukamukti bila melihat indikator semuanya sudah sempurna, karena sesuai dengan lampiran 2 Permendagri No.81 Tahun 2015 indikator; tentang penyelenggaraan pemerintahan adanya website, tentang batas wilayah yang jelas, tentang informasi kemasyarakatan semua sudah terpenuhi dengan adanya program TV Desa. 

Selain itu Desa Sukamukti memiliki inovasi Desa Wisata Cai Mukti Bagendit III, dan memiliki BUMDes Mukti Mekar Mandiri yang sudah bersirtifikat sebagai peningkatan ekonomi masyarakat, dan SDMnya banyak pengusaha surpet yang telah mendunia.

"Nilai itulah yang menjadi nilai sempurna untuk Desa sukamukti sesuai indikator penilaian lampiran 2 Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan ditempatkan pada Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 2037, yang akan diekspose nanti dihadapan pimpinan". Ungkapnya

Hal senada disampaikan camat Banyuresmi H. Jujun Juhana, Sos M.Si menanggapi terkait penilaian Desa Sukamukti memiliki nilai sempurna dari Pak Kabid DPMD. Berdasarkan Evaluasi 2 tahun kebelakang profil Desa, termasuk Desa Sukamukti yang memiliki banyak potensi yang menonjol.

Saya melihat kalau saja tidak terjeda oleh pandemi itu potensi yang ada luar biasa, kebetulan posisi kantor Desa Sukamukti ini sangat strategis berada di barat dari pada Situ Bagendit, diposisi kantor Desa lantai 2, kita lihat melalui jendela ke arah Timur disitu ada tempat wisata Desa disana ada pulau Nusa dibangun masjid dengan megah dengan memiliki menara yang tinggi menjulang

"Dimana lokasi wisata Desa Bagendit III dibangun oleh Pemerintah Pusat dari Pak Jokowi, kalau Desa sukamukti ini menjadi Desa juara, nanti akan banyak pengunjung datang ke sini, untuk melihat, studi banding dan sekaligus kita punya nilai promosi khususnya di kabupaten Garut, tentu saja dengan kehadiran orang banyak ke sini akan meningkatkan pendapatan Asli Daerah. Harapannya

"Mudah-mudahan Kepala Desa Sukamukti mampu mengangkat potensi-potensi Desa, karena berdasarkan data-data yang ada, Desa Sukamukti ini dijadikan Pilot project oleh provinsi Jawa Barat karena dari 26 Kabupaten kota se Jawa Barat hanya 6 Desa yang memiliki satu TV satu Desa, salah satunya Desa Sukamukti di Kabupaten Garut. Ujarnya

Ditempat yang sama, Sekmat Banyuresmi Ahmad R Budiman, S.IP, menyampaikan sajak pagi, Kami berkumpul di kantor Desa Sukamukti untuk menuggu tim penilai Dinas DPMD Kabupaten Garut.

Alhamdulillah memang sesuai dengan apa yang disampaikan tim penilai Pak Kabid dari DPMD, bahwa Desa Sukamukti sudah sempurna, sangat layak dan memuaskan untuk masuk Desa tingkat lebih tinggi atau lebih atas.

Alasannya, Desa sukamukti memiliki penghasil surpet (kasur lantai atau kasur tidur) potrebel yang sudah mendunia, memiliki Wisata Bagendit III tarap internasional yang telah di biyayai Pemerintah Pusat.

Selain itu memiliki TV Satu Desa haya satu satunya di kabupaten Garut, memilki BUMDes yang telah bersertifikat yang dikelola oleh Para Sarjana dan generasi muda, dan tempat ngopi bareng bagi para tamu undangan yang bernuansa alami.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sukamukti Dadan Hamdani, menanggapi terkait ungkapan yang disampaikan oleh Pak Kabid, bahwa Desa Sukamukti sudah sempurna, saya mengucapkan terimakasih, ini adalah merupakan kehormatan dan sekaligus tantangan buat Desa Sukamukti

Menurutnya kriteria yang masuk penilaian adalah kategori bidang pemerintahan Desa Sukamukti pada tahun 2016 merintis jaringan internet yang masuk ke desa, Alhamdulillah di 2020 jaringan internet ini sudah masuk ke desa dan sudah memiliki website Desa Sukamukti. 

Kalau boleh membuka dan silakan untuk dicoba kita sudah di rating teratas ketika membuka website Desa sukamukti sudah muncul di atas karena di hari kemarin itu sudah lebih dari 2.000 kunjungan dan ini salah satu aplikasi atau web yang lumayan banyak dibuka atau dicari di Google chrome itu di inovasi di bidang pemerintahan

Kemudian inovasi di bidang Inovasinya pemberdayaan kemasyarakatan, Alhamdulillah Desa sukamukti, kegiatan UMKM kaitan dengan produksi surpet yang produksi surpet ini betul-betul sudah bisa menopang ekonomi masyarakat, bisa diandalkan sebagai dari program ketahanan ekonomi masyarakat.

"Kemudian inovasi lainnya di kewilayahan Sukamukti Tahun 2019 punya program PTSL dan alhamdulillah dari 1.800 kuota bisa diselesaikan sukses 100% dalam waktu yang telah ditentukan"

Mudah-mudahan ini menjadi sebuah dasar penilaian lomba Desa, kemudian di Desa Sukamukti pun kita punya program satu Desa satu TV ini kerja sama antara KPID Jabar dengan AJP, jadi masyarakat sukamukti semakin terbuka, bisa mengakses bersama-sama untuk membangun Desa Sukamukti.

Selain itu Alhamdulillah melalui BUMDes Mekar Mukti Mandiri kita sudah punya yang namanya Desa Wisata sehingga menjadi basis ekonomi masyarakat dan menjadi pendapatan aset desa yang besar buat kesejahteraan masyarakat, karena Desa Sukamukti 30% wilayahnya adalah Situ Bagendit artinya ketika Situ Bagendit di angkat ini akan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Akhirnya bisa mencapai tujuan yaitu menjadikan Desa Sukamukti desa yang sejahtera sebagai mana moto DPMD Kabupaten Garut, "Desa Juara Masyarakat Sejahtera", kita pun bersama anak-anak muda punya teks bahwa ketika Desa kuat negara kuat"

Selain itu Kita selalu punya selogan seperti kata Muhamad Hata founding father (ikhlas mengabdikan diri tanpa pamrih untuk Indonesia), bahwa Indonesia tidak akan bercahaya hanya dengan obor besar Jakarta, tetapi Indonesia akan bercahaya melalui lilin-lilin kecil yang ada di desa, mudah-mudahan salah satu lilin kecil itu adalah Desa Sukamukti yang ada di Banyuresmi Kabupaten Garut. Pungkasnya
"Sepuluh penunjang lomba desa yang dinilai sempurna antara lain"

1. Inovasi di bidang pemerintahan, Desa Sukamukti memiliki profil Desa online (www.desa-sukamukti.com), juga diakses di Google tema berita Desa Sukamukti Banyuresmi, dan siskudes online.

2. Inovasi bidang kewilayahan 100 % sukses program PTSL 2019, dan tahun 2021.

3. Inovasi bidang kemasyarakatan memiliki BUMDes Mukti Mekar Mandiri, UMKM surpet Desa Sukamukti mendunia, dan ekonomi kreatif kerakyatan lauk letik dan kerajinan bambu.

4. Inovasi upaya penanggulangan Covid-19, capaian vaksinisasi 80 %, selalu tersedia sembako untuk bantuan warga Isolaai mandiri selama pademi Covid-19.

5. Kebersihan tata ruang kantor Desa tertata rapai, (buku tamu media Khusus, dan buku tamu umum, papan informasi publik lengkap, bener Informasinya anggaran dana desa Tahun 2022 terpasang.

6. Pendidikan program paket A, B dan C, SDM Desa Sukamukti mayoritas tingkat pendidikan SLTA dan Perguruan Tinggi.

7. Program ODF, Desa sukamukti terpantau banyak perumahan, warga relatif memiliki MCK didalam rumah.

8. Pemangpaatan pekarangan rumah banyak menanam holtikultura.

9. Inovasi BUMDes Sehat  sudah bersertifikat untuk meningkatkan wisata Bagendit III, TV Desa Sukamukti perwakilan Kabupaten Garut.

10 Inovasi Desa wisata cai mukti, wisata Bagendit III tarap internasional.


Jurnalis : (Beni)

TerPopuler