Kapolsek Cikancung Polresta Bandung bersama steakholder Antisipasi Penyebaran PMK -->

Kapolsek Cikancung Polresta Bandung bersama steakholder Antisipasi Penyebaran PMK

17 Mei 2022, Mei 17, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Cikancung - Kapolsek Cikancung AKP Carsono, SH bersama Steakholder terkait (Pemerintah Kecamatan Cikancung dan Dinas Peternakan Kab. Bandung) melaksanakan pemantauan dan monitoring di Kandang Sapi PT Kadila Lestari Desa Srirahayu Kec. Cikancung Kab. Bandung  antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kegiatan pemantauan dan monitoring  ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah untuk mencegah penyebaran PMK di Wilayah Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung sehingga masyarakat nyaman dan tidak was-was. 

Bahwa data yang ada di PT Kadila Lestari jumlah Sapi yang ada kurang lebih 6000 ekor dan yang punya masyarakat masih dalam pendataan, hasil pemantauan belum ada temuan kasus PMK di Wilayah Kec. Cikancung Kab. Bandung. “Pengecekan dan monitoring ini untuk memastikan bahwa hewan ternak yang ada di Cikancung tidak terserang PMK yang sudah marak di berbagai wilayah di Indonesia,” Ungkap AKP Carsono, SH 
Ditambahkan dinas terkait akan terus melakukan pengawasan dan memastikan pemberian vitamin kepada hewan ternak serta memberikan sosialisasi tentang kebersihan kandang agar tidak mudah terjangkit penyakit. “Kita sudah memberi larangan sapi dari daerah yang sudah terjangkit PMK masuk ke wilayah Cikacung apalagi diperjualbelikan,”imbuh drh Angga dari Dinas Peternakan.

Sedangkan Manajemen PT Kadila Lestari  memastikan kebersihan kandang selalu dijaga dan pakan yang diberikan juga yang berkualitas, agar daya tahan sapi kuat dan tidak mudah sakit selain itu juga melakukan Bio Security yang ketat,.dimulai dari pintu masuk, pakan, pegawai dan kandang sapi, tuturnya.

“Kebersihan kandang selalu diperhatikan untuk mengurangi dan mencegah sapi sakit,” ujarnya.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha kami terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan juga pengontrolan dari Dokter Hewan supaya kesehatan Sapi tetap terjaga dan sehat, serta Alhamdulillah belum di temukan adanya PMK, tutupnya.


Pewarta : Mang Ayi

TerPopuler