Pemerintah Desa Bagendit, Targetkan Desa Unggulan 2022-2023 -->

Pemerintah Desa Bagendit, Targetkan Desa Unggulan 2022-2023

13 Mei 2022, Mei 13, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3A. TGAI) 2022 BBWS Cimanuk Cisanggarung yang terletak titik Kampung Cibinuang Rw.09 Dusun III, Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, dari hasil monitoring kegiatan MC 0 (Nol) bersama tim KMB dan TPB, dan BBWS merupakan kegiatan penghitungan kembali volume item pekerjaan dan disesuaikan antara gambar rencana dengan kondisi lapangan. 

Sehingga mendapatkan volume actual sesuai dengan kondisi real pekerjaan, dengan memastikan berapa item antara lain; pemasangan papan proyek, papan prokes, papan nama patok terpasang di lokasi pekerjaan, P3A ada dilapangan atau di lokasi pekerjaan, jumlah tenaga kerja, dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan mengikuti gambar kerja yang sudah ada.

Lanjut Endang, berharap mudah- mudahan perencanaan sesuai scheduel dan target dengan ekpetasi padat karya yang didorong dengan kearifan lokal swadaya dan gotong royong yang melibatkan kesetaraan gender (melibatkan kaum wanita), agar manfaatnya lebih luas lagi.

Selain manfaat untuk pertanian pengairan irigasi dan pemanfaatan dalam pemberdayaan masyarkat ikut partisipatif, dan dikemudian hari ikut kepedulian untuk sama- sama memeliharnya dan menjaganya.
Dengan pengerjaan yang prosedural dengan melibatkan sinergitas swakelola yang dibangun P3A ini, menghasilkan manifestasi selain manfaat mendongkrak ketahanan pangan para petani karen pengairan irigasi lebih terawat dan pengairan lebih lancar lagi.

Mudah-mudahan Tahun depan sebagai Desa unggulan penerima Program Percepatan Tata Guna Air dan Irigasi (P3A-TGAI), hal ini dengan menjaga kondusifitas sesuai perancanaan yang telah ditentukan dengan target yang diharapakan mendaptakan reward untuk kesekian kalinya di Tahun 2023, agar apa yg belum tercapai titik di tahun 2022 kita bisa kembali tercapai.

Dalam arti kesimpulan Desa penerima program ini adalah termasuk katagori Desa unggulan dengan ekpetasi bisa mempertahankan desa unggulan ditahun depan 2023 bisa mendapatka kembali kemanfaatannya dalam inovasi pengairan irigasi tersier. Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh; Camat Banyuresmi H. Jujun Juhana, S. Sos, M.Si, Kepala Desa Bagendit Endang Omardani, SE, Babinkamtibmas Bripka Dudi Irawan.

Sepi Firdaus, Wiwik Mustikaningsih dari KMB (Konsultan Manajemen Balai), dari TPB (Team Pendamping Balai), Nuke Julfah TPM (Team Pendamping Masyarakat), Perwakilan Dinas SDAP Kabupaten
Garut, dan P3A Sinar Tani 2 Desa Bagendit.


Jurnalis : (Beni)

TerPopuler