Wakil Bupati Ciamis Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2022 -->

Wakil Bupati Ciamis Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2022

21 Mei 2022, Mei 21, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama unsur TNI POLRI melaksanakan upacara Peringatan hari kebangkitan Nasional ke 114 tahun 2022 tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Halaman Pendopo, Jum'at (20/05/2022). 

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bertindak sebagai Inspektur upacara mewakili Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang berhalangan hadir. 

Dalam upacara peringatan Harkitnas tersebut, Wakil Bupati Ciamis memabacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate. 

Disampaikan Wabup tema hari kebangkitan nasional "Ayo Bangkit Bersama" merupakan bentuk seruan agar masyarakat Indonesia bisa Bangkit Bersama dari Pandemi Covid 19 yang sudah melanda selama 2 tahun terakhir. 

"Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1948 oleh presiden Soekarno adalah bertepatan dengan lahirnya  Perkumpulan Boedi Utomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia," Ucapnya. 

Di mana pada saat itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

"Boedi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain dan menyatukan pergerakan Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan, "terangnya.

Wabup menuturkan  tujuan didirikannya Boedi Utomo yang tercetus dalam Kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan pengajaran dan kebudayaan. 

"Boedi Utomo telah meletakkan 3 cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni kemerdekaan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia, "ungkapnya.

Menurutnya, semangat Boedi Utomo masih relevan untuk diwujudkan pada kehidupan berbangsa saat ini di tengah krisis pandemi covid 19 dan konflik Ukraina - Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil

"Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia, " Ajaknya. 

Selanjutnya, Wabup menuturkan bawa momentum hari kebangkitan nasional ini juga makin diperkuat dengan Peran Indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022.

"Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung 3 isu prioritas yaitu arsitektur Kesehatan Global yang inklusif transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan, " Tuturnya. 

"Tema dan isi prioritas G20 yang diangkat merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, " pungkasnya.


Sumber : PROKOPIM CIAMIS
Pewarta : Nurdin

TerPopuler