KELURAHAN CIBEREUM IKUTI LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI JABAR TAHUN 2022 -->

KELURAHAN CIBEREUM IKUTI LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI JABAR TAHUN 2022

22 Jun 2022, Juni 22, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar|| CIMAHI, DISKOMINFO. Kelurahan Cibereum menjadi perwakilan Kota Cimahi untuk mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 dilakukan pada hari Rabu (22/06) bertempat di Kantor Kelurahan Cibeureum Kecamatan Selatan Kota Cimahi.


“Alhamdulillah, Kelurahan Cibereum dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat telah masuk sebagai tiga besar,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana yang ditemui setelah acara Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan selesai dilaksanakan.


Ngatiyana menyampaikan bahwa Perlombaan Kelurahan merupakan salah satu langkah untuk menilai keberhasilan pembangunan kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan karena kelurahan merupakan unsur pelayanan yang terdepan dan yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat.



“Perlombaan kelurahan sebagai kegiatan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha kelurahan dan masyarakat selama dua tahun terakhir dengan melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta mendorong partisipasi masyarakat sehingga diharapkan terciptanya good governance,” imbuh Ngatiyana.


Dalam pelaksanaannya dituntut adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dengan mempertimbangkan aspek-aspek efisiensi, efektivitas dan objektivitas. 


“Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Kota Cimahi sangat mendukung dan berkomitmen dalam kegiatan perlombaan kelurahan sebagai upaya untuk mengukur kinerja pemerintah daerah melalui kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat,” tukas Ngatiyana.


Ngatiyana menyebutkan sebagai kota otonom yang belum lama berdiri, Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi khususnya dan warga Jawa Barat pada umumnya.


Ia pun menyebutkan meskipun Kota Cimahi masih relatif muda namun berbagai prestasi yang membanggakan telah diukir khususnya dalam Perlombaan Kelurahan atau sebelumnya dikenal dengan Lomba EKPM yang telah diikuti Kota Cimahi sejak tahun 2002 hingga tahun 2022.
“Dengan semangat saluyu ngawangun jati mandiri telah menjadi tekad kami untuk lebih berkiprah dalam memperkuat peranserta masyarakat melalui kelurahan sebagai salah satu lembaga pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Ngatiyana.


Melihat prestasi Kelurahan Cibereum selama beberapa tahun terakhir, Ngatiyana optimis dapat mengulang keberhasilan Kota Cimahi memenangkan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2009. Pada tahun 2009, Kota Cimahi yang diwakili oleh Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah tampil sebagai juara pertama se-Provinsi Jawa Barat.


Ia menyebut berbagai prestasi yang diraih oleh Kota Cimahi selama kurun waktu 21 tahun terakhir ini merupakan hasil sinergitas seluruh elemen yang ada di Kota Cimahi, “Prestasi yang telah kita raih ini adalah hasil dari sinergitas kerja keras semua pihak baik dari masyarakat, swasta maupun pemerintah daerah untuk menjaga situasi-kondisi daerah agar tetap kondusif, sehingga seluruh program-program pembangunan dapat dilaksanakan dengan lancar.”


Ia berharap agar Kelurahan Cibeureum dapat menampilkan keberhasilan yang telah diraih untuk dapat lebih digali dan diekspose serta mampu memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.
“Harapan kita semua, Kelurahan Cibeureum yang mewakili Kota Cimahi pada Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat dapat menjadi wakil Jawa Barat di tingkat nasional, aamiin,” tutupnya

TerPopuler