Puskesmas Cibatu Memiliki Alat TCM Untuk Pendeteksi Penyakit TBC -->

Puskesmas Cibatu Memiliki Alat TCM Untuk Pendeteksi Penyakit TBC

16 Jun 2022, Juni 16, 2022
Pasang iklan



ASPIRASIJABAR||PURWAKARTA - Tuber Culosis (TBC) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Kuman tersebut dapat menyerang bagian-bagian tubuh kita seperti paru-paru, tulang sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otak, dan lain-lain.

Dimana penyakit TBC dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, namun bila tidak dapat menyebabkan kematian.

Menurut Gigin Sugiono.S, Kep, Ners selaku Kepala Puskesmas Cibatu Kabupaten Purwakarta menuturkan, bahwa di Kecamatan Cibatu penanganan pasien sudah berjalan dengan baik sesuai SOP. 

"Kita terus melakukan pemantauan, baik yang sedang menjalani pengobatan maupun yang baru terkonfirmasi atau suspeck. Beberapa bulan yang lalu, kita mempunyai TB MDR (Multi Drive Resistent) artinya pasien sudah resisten dengan obat yang ada," kata Gigin ketika ditemui di kantornya Kamis (15/06/2022)

Lanjut gigin menjelaskan, Dimana pasien menggunakan obat yang standarnya sama dengan obat yang digunakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Dan pasien harus di suntik setiap hari, Alhamdulillah pasien yang ada sudah sembuh.

"Untuk Puskesmas Cibatu saat ini, kita sudah memiliki alat pemeriksaan yang namanya TCM (Test Cepat Molcular) dengan menggunakan alat tersebut hasilnya dapat diketahui hanya dalam waktu Dua jam," imbuh gigin. (Fito)

TerPopuler