KADES MEKARSARI DARANGDAN BUDIDAYA MENTIMUN SELUAS 1,5 HEKTAR -->

KADES MEKARSARI DARANGDAN BUDIDAYA MENTIMUN SELUAS 1,5 HEKTAR

23 Jul 2022, Juli 23, 2022
Pasang iklan

Aspirasi jabar || Purwakarta - Sebagian petani sawah di Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan mulai beralih menjadi petani muntimun.
Peralihan ini bukan tak mendasar karena petani menilai menanam buah mentimun lebih cepat untuk dipanen dan harga jualnya pun tergolong tinggi di pasaran.

Ruhiyat selaku Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan yang berpropesi petani, tentu dia salah satu dari sekian petani di Desa Mekarsari mengolah sawahnya untuk di tanami dengan buah mentimun, yang beralasan menanam buah mentimun dinilai lebih menjanjikan dibanding menanam padi.
Selain usia tanam hingga panen yang disebut panen mentimun juga dapat dilakukan setiap hari dalam kurun waktu satu bulan hingga dua bulan.

Memang seorang Ruhiyat bukan hanya mampuh menjalankan roda pemerintahan desa,  dia juga mampuh  bercocok tanam, seperti halnya padi, dan hortikultura lainnya.

Menurut Ruhiyat saat dikonfirmasi media dikebun mentimun, Jumat 22 Juli 2022 mengatakan,
Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat saat ini, yang mulai peningkatan pola hidup sehat melalui peningkatan konsumsi sayuran, menuntut ketersediaan produk berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi.

Hal ini merupakan peluang pasar yang cukup besar sehingga menuntut adanya upaya peningkatan produksi dan mutu produk sayuran.
salah satu jenis sayuran yang diminati untuk dikonsumsi masyarakat adalah mentimun yang dapat, 
"Jelas Ruhiyat"

Sehingga kami terjun langsung 
membudidayakan mentimun, sebab menanam mentimun bisa disebut menjanjikan untuk diuangkan, alhamdulillah dengan menanam mentimun seluas 1,5 hektar ini kami bisa menyerap 43 orang tenaga kerja asli warga Desa Mekarsari yang mayoritas terutama warga terdampak pandemi Covid-19, mereka kami bayar upah kerjanya sesuai UMR dan mereka kami kasih konsumsi dan kopi juga rokok,  "Terangnya"

Ia mengatakan, kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Desa Mekarsari untuk meningkatkan bertani, bahkan untuk membudidayakan mentimun tidak harus dilahan yang luas, dipekarangan rumah pun bisa bertanam, malahan dipekarangan harus juga menanam Toga (Tanaman Obat Keluarga) seperti, jahe, kencur, "Imbuhnya"


Reporter  : Bah Endang.

TerPopuler