11 PASANG MOJANG DAN JAJAKA KOTA CIMAHI TAHUN 2022 TERPILIH MENJADI DUTA PARIWISATA KOTA CIMAHI -->

11 PASANG MOJANG DAN JAJAKA KOTA CIMAHI TAHUN 2022 TERPILIH MENJADI DUTA PARIWISATA KOTA CIMAHI

29 Agu 2022, Agustus 29, 2022
Pasang iklan



Aspirasi Jabar ||CIMAHI, DISKOMINFO. Bekerjasama dengan Paguyuban Mojang Jajaka Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi menyelenggarakan Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi Tahun 2022. 


Setelah dua bulan mengikuti serangkaian kegiatan Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi Tahun 2022, yang kemudian diikuti dengan berbagai seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 22 orang Finalis (11 Pasang) Mojang Jajaka Kota Cimahi dan secara otomatis menjadi Duta Pariwisata Seni dan Budaya Kota Cimahi. Para finalis mendapatkan materi pelatihan dengan didampingi instruktur yang memiliki kualifikasi di bidangnya masing-masing, mulai dari materi Bahasa Sunda, Bahasa Inggris, public speaking, pageant dan modelling, pengetahuan kepariwisataan, seni budaya, tari, kepribadian, serta bimbingan psikologi.


Sebanyak 22 orang Finalis Mojang Jajaka tersebut bersaing pada Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi Tahun 2022 yang diselenggarakan di Gedung Cimahi Techno Park Kota Cimahi, Minggu (28 /08).


 Seluruh finalis pun mengikuti sesi penilaian ataupun penjurian dari berbagai aspek secara tertulis dan wawancara, mulai dari pengetahuan umum tentang potensi daerah hingga seni budaya dan pariwisata, hingga unjuk kabisa untuk menampilkan bakat dan potensi para finalis. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pasanggiri ini nantinya yang menjadi Pinilih akan mewakili Kota Cimahi pada Pasanggiri Mojang Jajaka Provinsi Jawa Barat.
Kegiatan Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Disbudparpora Kota Cimahi dalam rangka membina generasi muda dan mengembangkan seni, budaya, dan pariwisata Jawa Barat khususnya Kota Cimahi,


 mengembangkan dan mempromosikan potensi seni, budaya dan pariwisata Kota Cimahi, sekaligus untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang seni, budaya dan pariwisata. Meskipun, pada masa pandemi COVID-19, kegiatan ini sempat ditiadakan.
Hadir untuk memberikan penghargaan secara langsung, Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana menjelaskan kegiatan Mojang Jajaka Kota Cimahi diselenggarakan untuk membina dan mengembangkan budaya Jawa Barat khususnya Kota Cimahi sebagai warisan leluhur bangsa serta meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan generasi muda agar dapat menjadi Duta Seni, Budaya dan Pariwisata sekaligus menjadi wahana yang positif bagi generasi muda Kota Cimahi untuk menyalurkan minat dan bakatnya secara positif.
Ngatiyana merasa prihatin karena di era global ini serangan budaya luar masuk begitu cepat tanpa dapat dihindari, sedangkan masih banyak masyarakat yang malah tidak mengenal budayanya sendiri. Ia mengungkapkan generasi muda harus pandai memilah, terbuka terhadap kemajuan, namun tetap menjunjung dan melestarikan budayanya sendiri. Ia berharap generasi muda dapat memiliki sikap agar tetap menjunjung budaya kita sendiri dengan tetap membuka diri terhadap kemajuan yang datangnya dari luar.


“Dengan lebih mengenal budaya sendiri maka diharapkan di kalangan generasi muda akan tumbuh kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya sendiri dan mampu menjadi pelindung terhadap serangan budaya luar,” tukas Ngatiyana.


Ngatiyana menjelaskan, ke depannya Mojang Jajaka Kota yang terpilih akan menjadi Duta Seni Budaya dan Pariwisata Kota Cimahi, yang tentunya harus mengetahui banyak hal terkait potensi wisata yang ada di Kota Cimahi mulai dari sejarah, kekayaan tradisi dan budaya baik yang akan, sedang ataupun yang sudah dikembangkan di Kota Cimahi.


“Masih banyak masyarakat yang belum mengenal daerahnya sendiri dan karenanya sosok Mojang dan Jajaka di masyarakat sebagai Duta Seni Budaya dan Pariwisata akan sangat dibutuhkan,” tutur Ngatiyana.


Oleh karenanya, dalam pelaksanaan kegiatan Pemilihan Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi Tahun 2022, dilakukan serangkaian kegiatan yang dapat menempa para finalis agar menjadi Mojang dan Jajaka yang unggul, cerdas, kreatif dan siap untuk mengemban tugas sebagai Duta Seni Budaya dan Pariwisata Kota Cimahi.


Ngatiyana berharap Mojang Jajaka Kota Cimahi dapat mengoptimalkan perannya sebagai icon yang akan mendongkrak popularitas daya tarik wisata dan budaya Kota Cimahi. Ia pun meminta, sebagai Duta Pariwisata, Mojang dan Jajaka yang terpilih dapat berkreasi dan memanfaatkan peluang yang ada tanpa harus selalu menunggu program dan kegiatan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Cimahi.
“Manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membangun sebuah semangat kebersamaan dengan seluruh stakeholder pembangunan Kota Cimahi dalam memajukan kebudayaan dan pariwisata Kota Cimahi ke depan,” pesannya.  


Para finalis memperebutkan thropy Mojang Jajaka Pinilih, Mojang Jajaka Wakil 1, Mojang Jajaka Wakil 2, Thropy Mojang Jajaka Kameumeut, Parigel, Kewes Gandes dan Mimitran. Berikut daftar hasil Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi Tahun 2022:
Mojang Pinilih
:
Az Zahra Siti Phatonah

Jajaka Pinilih 
:
Augie Revialdy

Mojang Wakil 1 
:
Humaira Putri Nandika

Jajaka Wakil 1
:
Agung Mubarak

Mojang Wakil 2 
:
Siti Haelany

Jajaka Wakil 2
:
Fikry Rivandy

Mojang Kewes
:
Marcela Fatmalasari

Jajaka Gandes
:
Deva Nur Fadhillah

Mojang Kameumeut
:
Balqis Aurora

Jajaka Kameumeut
:
Muslim Nur Fajar

Mojang Parigel
:
Farah Az Zahra

Jajaka Parigel
:
Thahara Qalby

Mojang Mimitran
:
Marzhavira Azlika

Jajaka Mimitran
:
Rizky Sopian

TerPopuler