Diduga Akibat Pencemaran Limbah Cair Pabrik di Cilegon, Masyrakat Kepuh Sengsara -->

Diduga Akibat Pencemaran Limbah Cair Pabrik di Cilegon, Masyrakat Kepuh Sengsara

5 Agu 2022, Agustus 05, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar | Cilegon - Aliansi Masyrakat Pemuda Kepuh meminta kepada pihak pabrik Gula untuk segera memberikan solusi terbaik terkait pembuangan limbah cair pabrik yang mengakibatkan pencemaran di sejumlah titik pemukiman masyarakat Kepuh.

Kehadiran limbah yang menimbulkan dampak negatif bagi insan maupun lingkungan, perlu dilakukan penanganan khusus terhadap limbah induatri. Para pelaku industri, diharapkan tidak hanya memikirkan keungtungan yang banyak saja dan mengesampingkan pengolahan limbah hasil industri. karena hal ini dapat berdampak negatif bagi orang lain disekitar lingkungan industri tersebut. 

"Sebagian masyarakat kelurahan Kepuh mengeluhkan limbah dari Pabrik Gula dikarenakan Air limbah yang dibuang oleh pabrik tersebut terbuka begitu saja sehingga yang seharusnya jalur sungai itu bermanfaat untuk RTH ( Ruang Terbuka Hijau) akhirnya tidak tertangani secara baik,"Terang Ketua DPD PAN Kota Cilegon Alawi Mahmud, Kamis. (04/08/2022).

Diduga pencemaran Air libah tersebut berasal dari Pabrik Gula  yang sudah bertahun - tahun berdiri di Kelurahan Kepuh Kecamatan Ciwandan Kota cilegon. Akibat pencemaran limbah cair Pabrik Gula Cilegon masyrakat Kepuh sengsara.

"Alawi mengharapkan agar Pabrik Gula melakukan pembenahan infrastrukturnya terkait pembuangan limbah yang berdampak pada masyarakat. Bahwa pencemaran itu terjadi sejak Pabrik Gula  berdiri, itu keprihatinan kami warga masyarakat kecamatan Ciwandan, mudah mudahan Pabrik Gula tidak tutup mata,"Paparnya.

"Ia mengibau, Pemerintah jangan main - main terhadap limbah, kita tidak ingin yang berakibat meresahkan masyarkat terhadap lingkungan. Pabrik Gula  yang berdiri dari 2003 sampi saat ini belum ada perubahan terkait pembuanagan limbah cair pabrik, kami minta juga kepada angota DPRD untuk mempungsikan kontrolnya untuk masyarakat."Ucap Ketua DPD PAN Alawi Mahmud.

Selain warga sekitar dari berbagai elemen masyarakat , Lsm bahkan Partai politik dari DPD Partai PAN menyoroti hal tersebut. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Aliansi Pemuda Kepuh (AMPUH) Febi Wahyudi mengatakan."Limbah cair yang di hasilkan dari pada hasil produksi atau proses produksi Pabrik Gula tersebut sebetulnya isu ini sudah lama, artinya dari kalangan masyarakat sekitar itu sering mengadu, menginformasi bahwasanya limbah yang dihasilkan  mengganggu di lingkungan khususnya lingkungan sekitar, "Pugkasnya.

Alifsin ketua pemuda link warung kara juga angkat bicara terkait limbah  cair dari tersebut Ia menyatakan." Limbah cair ini mengakibatakan pencemaran yang dihasilkan dari dampak limbah Industri tersebut dikeluhkan oleh warga Kelurahan Kepuh Kecamatan Ciwandan. resapan air pompa pun terasa manis. Jika lagi ada hujan air mengenag terasa gatal - gatal di kulit."Kata Alifsin.

"Berharap pabrik gula bisa memberikan solusi terbaik terhadap masyaramat yang terdampak dan diharapakan pihak Perusahaan bisa membuat saluran limbah yang tidak merusak lingkungan."Harap ketua pemuda Alifsin.(*/red- Neni)

TerPopuler