PLT Kapolsek Banyuresmi Polres Garut, Bersama Danramil 1110/Banyuresmi Evakuasi Korban Kebakaran -->

PLT Kapolsek Banyuresmi Polres Garut, Bersama Danramil 1110/Banyuresmi Evakuasi Korban Kebakaran

31 Agu 2022, Agustus 31, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Telah terjadi kebakaran hanguskan dua rumah, dan tiga rumah kena dampak kebakaran, diwilayahnya Kampung Haurseah Rt 02/04, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Rabu 31 Agustus 2022.

Menurut PLT Kapolsek Banyuresmi Polres Garut Ajun Komisaris Polisi Nurdin Jaelani SH mengatakan, diketahui sekitar pukul 15.15 Wib di Kampung Haurseah Rt. 02/04, telah terjadi kebakaran dua Rumah panggung dan tiga rumah terdampak sebagian rumah yang ada disampingnya terbakar. Ungkapya 

Lebih lanjut menjelaskan untuk evakuasi korban kebakaran ke 5 Kepala Keluarga sementara diungsikan ke Keluarga masing-masing yang masih berdekatan. 

Untuk rumah yang hangus terbakar; pertama rumah punggung ukuran (4 M x 6 M) miliki Popon seorang janda (77 Th). Ke-dua milik Ohar (70 Th) rumah panggung berukuran (5 M x 7 M).

Sementara rumah yang terdampak bagian dapur dan kamar, pertama rumah milik Sumar (Alm)/ Ainun Abil (22 Th) diisi oleh seorang Mahasiswa UNIGA Garut, ke-dua rumah milik Teti (49 Th), ke-tiga rumah milik Ocih (77 Th).

"Akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, dan kerugian seluruh korban diperkirakan Rp.100.000.000.(Seratus Juta rupiah)" Tandasnya 

Adapun kronologis kejadian sesuai yang disampaikan para saksi mengatakan, bahwa awal mula kejadian api diduga berasal dari rumah korban Popon (77 Th) ketika sedang memasak menggunakan tungku (Hawu) menggunakan kayu bakar, api mengenai bagian bilik rumah dan api mulai membesar.

Diduga api merambat kebagian dapur membakar bagian rumah yang terbuat dari kayu, sehingga terjadi kobaran api yang membesar dan terbawa angin sehingga merembet ke rumah tetangga.

Upaya yang dilakukan warga sekitar berusaha memadamkan api dengan menggunakan sarana seadanya, dan sekitar pukul 15.50 wib, api berhasil dipadamkan oleh warga dan Damkar.

Dalam pantauan Awak Media mengenai kesiapsiagaan Forkompincam Kecamatan Banyuresmi Danramil 1110/Banyuresmi Kapten Infantri Enjang Santana mengatakan prinsipnya kita selalu sigap sehingga selalu hadir dalam kejadian-kejadian musibah yang terjadi di wilayah kecamatan Banyuresmi

Untuk mengatasi, pada saat kebakaran setelah mendapat informasi dari anggota kita yang pertama langsung menghubungi kebakaran, selain itu kita juga mengusahakan untuk mendapatkan bantuan darurat dari pihak-pihak yang akan menyumbang. Pungkasnya

Dalam proses pemadam kebakaran dibantu PLT Kapolsek Banyuresmi Ajun Komisaris Polisi Nurdin Jaelani SH, bersama anggota, Danramil 1110/Banyuresmi Kapten Inf Enjang Santana, bersama Babinsa, Kasi Trantib Pol-PP Ude Suherman, Kepala Desa Cipicung Uban Setiawan bersama setaf Desa,12 Petugas Disdamkar, warga masyarakat setempat, dan Pihak PLN.

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler