Sekda Morotai, Sambut 22 Jemaah Haji, 6 Jamaah Masih Mampir di Makassar dan Ternate -->

Sekda Morotai, Sambut 22 Jemaah Haji, 6 Jamaah Masih Mampir di Makassar dan Ternate

9 Agu 2022, Agustus 09, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar ||Morotai -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara, F Revi Dara, menyambut lansung kedatangan 22 Jemaah Haji Pulau Morotai kloter 11 emberkasi Makassar di Bandara Leo Wattimena, Selasa (9/8).

Namun kedatangan 22 Jemaah Haji itu, setidaknya 16 Jemaah yang tiba di Pulau Morotai. Enam Jamaah diantaranya tertinggal di Makassar Sulawesi Selatan dan Kota Ternate. 

Penjemputan dihadiri juga, Forkopimda Pulau Morotai, Mewakili Kemenag Pulau Morotai Mukmin Ali, para haji dan haja serta tamu undangan.



Jemaah tiba di Bandara Leo Watimena Morotai sekira pukul 13.40 WIT di Bandara Leo Wattimena Morotai, dilanjutkan ke Islamic Center Morotai sekaligus penyerahan Jemaah  Haji Pulau Morotai. 

Sambutan Plt. Sekretaris Daerah Pulau Morotai, F Revi Dara, Ia menyampaikan bahwa, Ibadah Haji adalah ibadah yang rutin dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia setiap tahunnya, dan tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji pada musim haji 1443 Hijriyah tahun 2022 dengan lancar. 

"Ini merupakan nikmat Allah subhanahu wa ta'ala dan buah dari kesabaran kita semua karena sudah beberapa tahun terakhir tidak ada pelaksanaan ibadah haji dikarenakan pada saat waktu pandemi covid 19,"kata Revi. 

Revi bilang, meski bertahun-tahun para Jemaah Haji sudah menabung, ini adalah merupakan puncaknya. Alhamdulillah para Jemaah yang berasal dari Kabupaten Pulau Morotai telah kembali ke Kabupaten Pulau Morotai dengan selamat.

Hanya saja, ia mengungkapkan ada Enam orang Jemaah Haji yang tertinggal di Makassar dan Ternate.

"Tanpa kekurangan satu apapun meskipun ada 4 orang yang tertinggal di Makassar dan ada 2 orang yang tinggal di Ternate, namun keadaan fisik dan kondisinya sehat walafiat,"ungkapnya. 

Kepada Jemaah Haji, Pemda mengucapkam terima kasih yang telah mau mengikuti aturan pemerintah dan anjuran pada saat pelaksanaan keberangkatan dan sampai kembali ke tanah air hingga kembali ke Kabupaten Pulau Morotai dengan lancar. 

"Pemerintah turut bangga dan berbahagia terhadap para jemaah haji yang berhasil melaksanakan ibadah secara khusyuk di tanah suci,"ucapnya. 

"Dari pemerintah Kabupaten Pulau Morotai mengucapkan selamat datang kembali di Kabupaten Pulau Morotai bagi para jamaah haji dan semoga menjadi haji yang mabrur,"tambah dia. 

Sementara itu,  Kabag Kesra Setda Pulau Morotai,  Sahril Totona, menjelaskan, alasan Enam Jemaah Haji yang tidak ikut lansung ke Pulau Morotai, lantaran kondisi kesehatan dan ada lansung menemukan anak-anaknya. 

"Yang pertama mereka memang masih singga di Makassar karena dong orang Sulawesi sudah,  terus yang dua orang dong punya anak ada pondok di Makasar Sulawesi Selatan dan nanti pulang sama - sama ke Morotai,"jelasnya. 

"Terus yang dua orang lagi asal warga Ternate tapi domisi di Morotai, karena kelelahan jadi dorang dorang minta izin tidak lanjut ke Morotai,"tandas Sahril.(oje)

TerPopuler