Upacara Penutupan TMMD Ke 114 Di Alun-alun Rangkasbitung Kabupaten Lebak Berjalan Lancar -->

Upacara Penutupan TMMD Ke 114 Di Alun-alun Rangkasbitung Kabupaten Lebak Berjalan Lancar

24 Agu 2022, Agustus 24, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Lebak - Kodim 0603 Lebak Gelar acara penutupan TMMD ke 114 dihadiri Irdam III Siliwangi Brigjen TNI Dadang Arip Abdurahman dan jajaran, Danrem 064 MY Serang, Brigjen TNI Yunianto, Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, Forkopimda Lebak, Tokoh Masyarakat H. Mulyadi Jayabaya dan tamu undangan acara tersebut di alun-alun kota Rangkasbitung.Rabu (24/08/22)

Kegiatan penutupan TMMD ke 114 juga menggelar acara bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako bagi para veteran, sunatan massal dan vaksin booster Covid-19.

Dalam sambutannya Irdam III Siliwangi Brigjen TNI Dadang Arip Abdurahman menyampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dr. Dudung Abdurahman bahwa kegiatan TMMD ke 114 yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Lebak dinyatakan ditutup hari ini Rabu 24 Agustus 2022.

“Pelaksanaan TMMD ke 114 sudah dimulai sejak tanggal 26 Juli 2022 lalu, dan berakhir hari ini, semoga kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, dalam rangka mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Menurut KSAD, kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintahan daerah berupaya mempercepat pembangunan wilayah.

“Oleh karena itu sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku penanggungjawab operasional TMMD saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, sehingga kegiatan TMMD ke 114 dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sudah dimulai sejak tahun 1980, dengan sebutan pada saat itu program ABRI Masuk Desa (AMD) setelah melalui berbagai evaluasi program TMMD yang sudah berlangsung 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur di daerah masih sangat dibutuhkan.

“Pada program TMMD ke 114 tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan diwilayah Kodam III Siliwangi telah dikerjakan secara fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya yaitu pembukaan jalan pengaspalan dan pengecoran jalan pembuatan jembatan madrasah serta sasaran lainnya berupa pembuatan program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada masyarakat tentang wawasan kebangsaan bela negara kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan dan penanganan kesehatan,” ungkap Irdam III Siliwangi usai menyampaikan amanat KSAD.

Sementara itu, usai upacara penutupan TMMD ke 114, Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erik mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebak yang ikut serta membantu pekerjaan TMMD dalam pelaksanaan pembangunan jalan pengerasan lapen serta gorong-gorong, berikut sarana prasarana seperti kesehatan, pendidikan dan pos kamling.

“Terima kasih masyarakat yang sudah membantu, alhamdulilah dan mustahil tanpa ada dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat yang ikut mendukung pekerjaan program TMMD ini bisa terlaksana semudah ini, dan harapannya semoga bisa bermanfaat dengan atas nama saya pribadi dan seluruh prajurit yang di terjunkan ke tempat sasaran apa bila ada perkataan yang kurang baik di lingkungan mata masyarakat, saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Semoga apa yang kami jalankan dan kami berikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, maka dari itu mari kita menjaganya bersama-sama,” tutupnya.


Pewarta : Badri

TerPopuler