Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, Minta KADIN Indonesia Dapat Memperluas Pemasaran Hasil Produksi Pertanian Garut -->

Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, Minta KADIN Indonesia Dapat Memperluas Pemasaran Hasil Produksi Pertanian Garut

1 Sep 2022, September 01, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Acara dialog bertajuk Strategi Peningkatan Ekonomi Petani dan Perbaikan Sistem Agribisnis dengan tema Sinergi Program Kemitraan "Closed Loop Agribisnis HoltikulturaTerintegrasi dari Hulu sampai Hilir", di Kabupaten Garut dilaksanakan di Kebun Edukasi Eptilu, Jalan Raya Cikajang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu 31 Agustus 2022.

Model Kemitraan Closed Loop Agribisnis Holtikultura pertanian sebagai bentuk kerja bersama yang dicontohkan oleh Kabupaten Garut, akan ditularkan ke seluruh Indonesia. Hal itu diungkapkan Ketua Kamar Dagang Industri Nasional (KADIN) Indonesia, M Arsjad Rasjid di hadapan Bupati Garut.

"Inilah yang ingin kita upayakan, jadi ini adalah kerja gotong royong bersama-sama karena itulah arti Pancasila, itulah arti kita kebersamaan untuk menuju suatu kesejahteraan yang ada," Ucap Arsjad.

Ia juga memuji petani asal Kabupaten Garut, Rizal Fahreza yang telah menjadi salah satu contoh petani yang memulai model close loop agar pertanian bisa lebih maju lagi.

"Disinilah mulainya harapannya bukan di sini saja, bukan hanya seorang Rizal tetapi banyak-banyak Rizal lagi, supaya mudah-mudahan bisa membantu petani yang ada (dan) petani bisa maju," Tuturnya.

Hal senada disampaikan Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH MH MP, mengatakan bahwa dirinya berbahagia karena salah seorang petani asal Garut, Rizal Fahreza yang merupakan anak seorang petani, memiliki kepribadian sederhana, serta mempunyai sepak terjang yang luar biasa, petani milenial ini telah mendapatkan penghargaan dari Presiden RI. Ungkapya 

Rudy juga menuturkan, pihaknya saat ini meneruskan sinergitas dibawah Kementerian Perekonomian, dimana sebelumnya pada masa pandemi Covid-19 produksi pertanian hasil petani Garut tidak dapat dikirim ke luar kota bahkan ke Jakarta, sehingga mengakibatkan pendapatan masyarakat Garut menurun dan menyebabkan angka kemiskinan meningkat. Ujarnya 

Maka dari itu, Rudy menyebutkan pihaknya mengadakan pembicaraan awal terkait pertanian di Gedung Pendopo beberapa waktu lalu, sehingga terbentuklah salah satu bisnis close loop yang diikuti oleh berbagai pihak yang sudah mempunyai kelembagaan lengkap.

"Di antaranya adalah kita ada petaninya, ada kelompok tani sebagai intinya, selanjutnya itu dengan konsep closed loop ini sudah banyak sudah terjalin di bawah langsung Ibu Karen dulu ya, terus melakukan penyempurnaan akhirnya kita dapat terwujud," Tuturnya.
Atas nama petani asal Kabupaten Garut, Bupati kepada KADIN Indonesia, agar Kabupaten Garut dapat memperluas pemasaran hasil produksi pertanian, sehingga angka kemiskinan Kabupaten Garut yang saat ini berada di angka (10,6%) bisa menurun. Tandasnya 

"Sekarang dua tahun ini naik Pak menjadi 10,6%, diakibatkan oleh petani-petani yang tidak bisa mengakses pasar secara baik ke Jakarta, karena dulu kan ada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), jadi tidak bisa ke Cibitung, tidak bisa ke Tanggerang, dan juga tidak bisa ke Kramat Jati," Ucap Rudy.

Di tempat yang sama, Rizal Fahreza menyampaikan, close loop ini merupakan inisiasi dari seluruh stakeholder baik pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun swasta yang bersinergi dan bekerja sama. Ia menyampaikan, model close loop ini sudah berjalan sejak tahun 2020 dengan peningkatan yang signifikan. Ungkapya 

"Alhamdulillah bisnis mulai jalan pak, kita pemasaran ke lima pasar pak, baik buat start up, pasar pemerintah tradisional, kemudian pasar induk pun," Tuturnya di hadapan Bupati dan hadirin.

Ia menuturkan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dari close loop sendiri sudah berjalan, dan para ahli close loop selalu terus melakukan pendampingan. Ia juga menyampaikan, close loop sendiri menawarkan produk Quality Consistency On Delivery (konsistensi kualitas pada pengiriman). Paparnya 

"Quality Consistency on Delivery itu menjadi jaminan mengapa para offtaker serta market tertarik karena barang sudah distandardisasi tinggal distribusi ke konsumen," Tandasnya 

"Ditempat terpisah menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Haryo Limanseto mengatakan sesuai siaran PERS; Garut November 2021, HM.4.6/431/SET.M.EKON.3/11/2021; Kemitraan Agribisnis Closed Loop Tingkatkan Kesejahteraan Petani"

Closed Loop merupakan model kemitraan agribisnis hulu sampai hilir yang dikembangkan dalam ekosistem yang berbasis digital, teknik budi daya Good Agricultural Practices, sistem logistik yang baik, serta jaminan pasar dan harga yang bersaing oleh off taker.

Program kemitraan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendampingan proses budi daya dan kepastian akses pasar. Pungkas Haryo Limanseto.

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler