Ditlantas Polda Jabar Sudah Mulai Menerapkan Sistem Tilang Elektronik Melalui Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) -->

Ditlantas Polda Jabar Sudah Mulai Menerapkan Sistem Tilang Elektronik Melalui Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE)

7 Okt 2022, Oktober 07, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar | Bandung - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si  mengatakan, penggunaan e-TLE ini efektif untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berlalulintas. 

Adapun sistem e-TLE sendiri bakal merekam setiap pelanggar lalu lintas, kemudian surat tilang beserta bukti pelanggaran bakal dikirim ke alamat pemilik kendaraan. 

Selain itu, pelanggar juga bakal mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat berupa SMS dari sistem E-TILANG dan diarahkan untuk membayar denda. 

"Untuk pembayaran Tilang online pemberitahuannya hanya melalui nitofikasi SMS," ujar Ibrahim Tompo. 

Ibrahim menegaskan, untuk pembayaran denda tilang, hanya menggunakan kode Briva bukan nomor rekening dan pemberitahuannya hanya dengan notifikasi SMS, tidak dengan whatsapp.

"Hati-hati modus whatsApp penipuan pembayaran Tilang online yg sekarang terjadi di masyarakat dengan mengatas namakan tilang online dengan pembauaran melalui  bank permata," katanya.

Jadi, apabila ada masyarakat yang menerima pemberitahuan pembayaran denda tilang online selain SMS agar segera menghubungi petugas Polri atau mengabaikannya.

Kabid Humas Polda Jabar  menambahkan, jika alamat atau data yang ada di STNK kendaraan, berbeda dengan pemiliknya, maka penerima surat bisa melakukan konfirmasi melalui hot line atau website yang tersedia di surat tilangnya. 

"Artinya kendaraan tersebut sudah dijual namun belum dibalik nama, pemilik pertama atau penerima surat bisa melakukan konfirmasi melalui alamat web, memasukan keterangan mobil sudah terjual serta  memasukan nama pembeli dan no telepon serta email pembeli," tambahnya.

Bandung 6 Oktober 2022

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

TerPopuler