Kembangkan Diri Sebagai Calon Guru Melalui Kegiatan PLP 2 SDN Susukan 04 Pagi -->

Kembangkan Diri Sebagai Calon Guru Melalui Kegiatan PLP 2 SDN Susukan 04 Pagi

8 Des 2022, Desember 08, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar | Jakarta - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD  Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) melaksanakan kegiatan PLP 2. Kegiatan PLP 2 ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah PLP 2 disemester 7. 
Kegiatan PLP 2 bertujuan untuk membekali mahasiswa melalui pengalaman mengajar secara langsung di sekolah dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan.  Kegiatan tersebut dilaksakan mulai dari tanggal 10 Oktober 2022 sampai dengan 12 Desember 2022 di SDN Susukan 04 Pagi yang beralamat Jl. H. Baping, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur. Dalam Pelaksanaannya terdiri dari 7 mahasiswi yaitu Annisa Isti  Hajar Widuri, Febiyanti Tiara Suci, Nur Syifa Muthi’a, Renia Setiani, Sitta Seftiana Zenien, Shafa Tasya Azzahra dan  Sheila Zahra Susanto. Untuk memperlancar kegiatan tersebut mahasiswa dibimbing oleh bapak Dr. Kasriman, M.Pd selaku dosen pembimbing  dan bapak Juwahir, S.Pd selaku guru pamong.
 
Pembiasaan SDN Susukan 04 Pagi setiap  hari Senin melaksanakan upacara bendera, pada hari Selasa berkumpul dilapangan menyanyikan lagu Indonesia raya, pelajar pancasila yang diakhiri dengan berdoa bersama.  Kegiatan Pramuka dilakukan hari Rabu dan Senam bersama setiap hari Kamis. 

Selama PLP 2 kami diajarkan bagaimana mempersiapkan perangkat pembelajaran meliputi rpp, media, LKPD, modul bahan ajar dan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga berjalan sesuai dengan tujuan yang dicapai. Selain itu, kami juga mempelajari tentang manajemen sekolah mulai dari mengisi buku induk perpustakaan, merekap nilai, mengisi rapot, berkolaborasi dengan komite dan lain sebagainya.
Dalam pembagian kelas mengajar dan materi ajar kami berdiskusi bersama guru pamong agar kegiatan pembelajaran tersinkronisasi dengan baik dan tidak menimbulkan kebingungan. Kami juga berdiskusi dengan wali kelas terkait materi dan karakteristik peserta didik terutama jika ada anak yang berkebutuhan khusus pada kelas tersebut. 

Melalui kegiatan PLP 2 mahasiswa dilatih untuk  kritis dan inisiatif terhadap lingkungan sekitar terutama sekolah. Selain menambah wawasan mengajar dan melatih public speaking  kegiatan ini juga memberikan pendewasaan bagi mahasiswa. Maka dengan adanya kegiatan PLP 2 ini menjadikan mahasiswa dapat mengembangkan dirinya secara teori maupun praktik sebagai calon guru yang professional. Sosok selalu didambakan oleh peserta didik sehingga dapat memajukan pendidikan Indonesia.

Pelapor : Lies Nur
Redaktur Ahdiyat

TerPopuler