Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi Tinjau Lokasi Longsor Desa Cisalada Jatiluhur -->

Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi Tinjau Lokasi Longsor Desa Cisalada Jatiluhur

12 Des 2022, Desember 12, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Purwakarta - Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi, didampingi Danramil 1905 Jatiluhur Kapten Armed Deny Kristian Perwira , Seksi Inteljen Kapten Arm Bambang, Camat Jatiluhur Endang beserta Stap Kecamatan meninjau langsung lokasi tanah longsor yang menimpa rumah milik Abdul Rojak (45 th)  dan Siti Hayaya (40 th), warga  kp. Cinangsih RT 05 RW 01 Desa Cisalada  Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Senin 12 Desember 2022.

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi dalam keterangannya kepada awak media, bahwa 
Longsor yang menimpa rumah bagian belakang kamar mandi dan dapur karena disebabkan tebing dengan tinggi ±30 mtr dengan kemiringan 45° yang tidak sanggup menahan derasnya air hujan,  karena saat itu  Desa Cisalada Kecamatan Jatiluhur diguyur hujan deras sejak pagi sampai sore. "Terang Dandim 0619 Purwakarta"

Ia mengatakan, karena rumah tersebut berdekatan dengan lokasi longsor, sehingga belakang rumah yang berhubungan dengan kamar mandi  dan dapur jebol (bobol) sehingga matrial longsor berupa batu dan tanah lumpur masuk kedalam rumah.

"Akibat dari kejadian tersebut  mengakibatkan korban jiwa satu orang anak usia 8 tahun (anak kandung bapak  Fahri Ibrahin meninggal dunia.
"Dalam peristiwa itu juga menghancurkan perabotan rumah tangga. Kerugian ditaksir capai belasan juta rupiah. "Jelasnya"

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi dilokasi kejadian menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga korban atas kejadian tersebut, dan kepada keluarga yang tinggal almarhum mohon bersabar atas musibah tersebut, "Imbuhnya"
 
Dandim juga menyampaikan jika dalam kegiatan peninjauan lokasi longsor itu untuk pastikan penanganan yang telah dilaksanakan oleh jajarannya dalam membantu masyarakat yang terkena bencana khususnya pembersihan materil longsor yang menimpa rumah punya warga di Desa Cisalada.

Selanjutnya, Dandim menambahkan, dalam penanganan tanah longsor atau musibah yang terjadi terutamanya di daerah Kabupaten Purwakarta pihak Kodim akan bekerjasama dengan Pemda, aparatur lainnya seperti BPBD, Polres Purwakarta, penggiat sosial,  pemerintah kecamatan dan desa atau dengan warga untuk memberi respon cepat dalam penanganannya.

Kita berharap dengan adanya kehadiran TNI ditengah tengah korban bencana, Kodim 0619 Purwakarta khususnya dapat membantu kesulitan masyarakat, sesuai  perintah dari Bpk. KSAD . "Pungkasnya"


Red/Bah Endang

TerPopuler