Peduli Lingkungan, Karang Taruna Bangkit Desa Sawit Giat Memungut Mengepul dan Memilah Sampah -->

Peduli Lingkungan, Karang Taruna Bangkit Desa Sawit Giat Memungut Mengepul dan Memilah Sampah

20 Des 2022, Desember 20, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar | Purwakarta - Karang Taruna Bangkit Desa Sawit Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta berinisiatif dan mengembangkan masyarakat peduli terhadap lingkungan dari sampah berserakan.

Kelompok pemuda dari Desa Sawit Kecamatan Darangdan itu merasa terpanggil untuk mengelola sampah rumah tangga dengan melibatkan masyarakat, karena kegiatan tersebut  memiliki nilai ekonomi. 

Ketua Karang Taruna Bangkit Desa Sawit Samsul Mu'in dalam keterangannya, 
kagiatan kami iawali berkeliling dari rumah ke rumah masyarakat setempat, sekaligus memberikan edukasi bagaimana untuk memilah sampah sesuai dengan jenis nya.

Kami baru satu bulan ini mengelola sampah, berawal dari keterpanggilan membersihkan lingkungan sekaligus mengedukasi pengellohan sampah, "ucap Samsul Mu'in Ketua Karang Taruna Bangkit Senin 19 Desember 2022"

Ia mengatakan, melaksanakan kegiatan memungut mengepul dan menilah sampah rumah tangga dengan melibatkan masyarakat Desa Sawit terutama warga berusia muda.
Dan kami telah melaksanakan Sosialisasi dan Edukasi tentang pengelolaan sampah hal itu sangat diperlukan bagi seluruh kalangan masyarakat.

"Mengapa demikian? Karena masih kekurangqnnya pengetahuan tentang cara pengembalian sampah rumah tangga yang baik, padahal dapat dikelola dengan baik pada akhirnya bisa menjadi manfaat bagi masyarakat itu sendiri. "ucap Ketua Karang Taruna Bangkit"

Menurut Engkun Kurniadi, S.Sos selaku Penasehat Karang Taruna Bangkit Desa Sawit saat dikonfirmasi media dirumahnya (20/12) mengatakan, mengapresiasi kepada Karang Taruna Bangkit atas kegiatan kepeduliannya terhadap  lingkungan. 

"Jenis sampah yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat dua jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah non organik"
Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari makanan, sayuran, daun kering dan sebagainya. Dan juga sampah ini dapat diolah menjadi pupuk kompos.
Dan sampah non organik adalah sampah yang tidak dapat membusuk seperti, plastik, kertas, bungkus makanan dan lain sebagainya.

Pengelolaan sampah ini kami anggap penting untuk diketahui bagi seluruh kalangan masyarakat, khususnya Karang Taruna, karena Karang Taruna merupakan Organisasi kemasyarakatan yang bisa dijadikan tim pengelola sampah, baik di lingkungan Rt dan lingkungan Rw. "Jelas Engkun Kurniadi mantan anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dari fraksi Golkar"

Kemudian menurut Kepala Desa Sawit Ade Ismail, mengapresiasi kepada jajaran pengurus Karang Taruna Bangkit, dan kami salut dan percaya  kepada Bapak Engkun Kurniadi mantan anggota  Dewan DPRD Kabupaten Purwakarta 
yang peduli  terhadap Pemerintahan Desa Sawit melalui  Karang Taruna Bangkit.

"Pemuda karang Taruna harus punya andil untuk memajukan desa agar desa bisa mendiri dan berprestasi.
Dengan intens melakukan komunikasi dengan pihak Pemerintah Desa, kontribusi untuk memajukan desa lebih mudah terwujud dari pemuda  karang taruna yang memiliki beragam kreatifitas. "Jelas Ade Ismail"  

Kami harap  seluruh Karang Taruna Bangkit selain menjaga lingkungan juga perlu menjaga diri masing-masing dari hal-hal yang bersipat pelanggaran, tingkatkan Kamtibmas. "Pungkas Kades Sawit"


Penulis  : Bah Endang

TerPopuler