Alih Teknologi Bidang Peternakan Domba Desa Cijeler Mengundang Fapet Unpad Untuk Menjadi NaraSumber -->

Alih Teknologi Bidang Peternakan Domba Desa Cijeler Mengundang Fapet Unpad Untuk Menjadi NaraSumber

20 Jan 2023, Januari 20, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Keseharian penduduk Desa Cijeler Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang memiliki kegiatan bertani dan berternak untuk menunjang kegiatan tersebut maka diadakan berbagai pelatihan, salah satunya yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak dan Dinamika Kelompok. 

Pembuatan pakan ternak ini sangat bermanfaat untuk para peternak, karena pada dasarnya pengolahan pakan yang baik itu sangatlah penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak dan Penguatan Kelompok ternak sangatlah penting dalam menunjang perkembangan peternakan yang ada di Desa Cijeler. 

Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peternakan rakyat,dan Alih Teknologi bidang Peternakan demba khususnya pembuatan pakan ternak domba Desa Cijeler Kecamatan Situraja mengandeng Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran untuk memberikan pelathan pembuatan pakan ternak dan Dinamika Kelompok Ternak bagi Masyarakat dan Kelompok Ternak pada hari Kamis 19 Januari 2023 bertempat di Aula Desa Cijeler Kecamatan Situraja. 

Pelatihan terselenggara berkat dari hasil kerja sama Fakultas Peternakan Univetsitas Padjadjaran dengan Pemerintah Desa Cijeler Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang dengan menghadirkan sejumlah narasumber, Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M.Si.IPU.,Ir Sondi Kuswayan.MS.dan Thufail abdi dari Farm For Your Life. 

Menurut Harris Munandar.,Kepala Desa Cijeler, untuk wilayah Desa Cijeler program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama dan kegiatan ini kelanjutan dari pelatihan pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya, Dalam program kerja Desa Cijeler salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang peternakan dan pertanian. 

Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Cijeler Kecamatan Situraja sehingga hasil yang di capai pun maksimal,"Pada pelatihan pembuatan pakan ternak ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi selain materi tentang pakan ternak peternak juga di berikan materi tentang penguatan kelompok dan pentingnya kelompok ternak domba serta penguatan Bumdes dan Kelompok Ternak. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peternak terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak bridding dan usaha penggemukan serta semakin kuatnya kelompok ternak dan pentingnya kelampok ternak di Desa C'jeler," jelas Harris 
Kepala Desa Cijeler sedang membuka acara pelatihan Peternakan Domba (foto agus)" 

Harris menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak di Desa Cijeler serta Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan SDM Peternak di Desa Cijeler Kecamatan Situraja serta alih teknologi bidang peternakan yang dapat di terapkan di desa cijeler sehingga akan meningkatkan peternakan domba dan kedapannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa cijeler. 

“Dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak,"Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan SDM Peternak Desa Cijeler. dengan pelatihan dan praktek pembuatan pakan fermentasi ini peternak tidak lagi kesusahan untuk memberi makan ternak dombanya'ujarnya. 

Dr.Ir,H.Iman Hernaman,M,SI.IPU — salah seorang narasumber mengatakan "Terima kasih kepada Kepala Desa Cijeler atas sambutannya dan kegiatan pelatihan merupakan salah satu program kami yaitu pengabdian kepada masyarakat dan melaksanakan Program Kerjasama antara Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan peternakan di Kabupaten Sumedang. 

Sementara. Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M,Si dalam pemaparanya tentang Tata Laksana Pemberian Pakan Domba, Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat yang beternak domba untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain untuk pembibitan, bridding atau penggemukan, serta daiam pemilihan pakan ternak domba haruslah tepat protein, nutrient dan energi. 

Karena di Desa Cijeler pakan ternak sangat banyak tinggal mengolah saja dan berapa nutrien dan energi yang di perlukan oleh ternak dan Peternak tinggal memenej saja pakan yang akan di berikan kepada ternaknya. 

“Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak domba yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Cijeler sehingga hasil yang di capai pun maksimal,"Pada pelatihan Tata Laksana Pemberian Pakan Ternak Domba ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi dan kedapanya desa cijeler bisa menjadi desa penghasil bibit domba yang berkualitas” ujar Dr.Iriman Hernaman.M.Si.,IPU. 

Ir.Sondi Kusmaryan.MS. dalam pemaparanya mengatakan “Kelompok Ternak adalah kumpulan peternak yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. 

Kelompok ternak sebagai pelaku utama menjadi salah satu kelembagaan peternakan yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan peternakan sehingga pembuatan kelompok ternak sangat penting dengan penguatan lembaga di desa baik LPM mapun BUMDES dan Bisnis beternak demba sangat menjangjikan" 

“Dengan pelatihan ini di harapkan masyarakat dapat tertarik untuk beternak domba karena beternak domba sangat menguntungkan bagi peningkatan perekonomian masyarakat kalau di kelola dan di manej peternakan dombanya dengan baik serta masyarakat dapat memanpaatkan dana yang ada di desa untuk dapat meningkatkan ekonomi yang produktif serta dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi yang dapat di terapkan di masyarakat. “ujarnya. 

“Dalam kontek pelatihan pelatihan yang dilaksanakan seperti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Cijeler Kecamatan Situraja itu menjadi satu peluang bagaimana dana dana yang ada di pedesaan di manfaatkan untuk aktivitas ekonomi yang produktif” ujar sondi kusmaryan. 

Setelah pemaparan teori oleh para narasumber dari Fakultas Peternakan dilanjutkan dengan acara praktek pembuatan fakan fermentasi dengan di pandu oleh Thufail abdi Farm For Your Life.
Laporan :  agus
Editor : obet

TerPopuler