DESA CIPTASARI MENGANDENG FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PETERNAKAN DOMBA -->

DESA CIPTASARI MENGANDENG FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PETERNAKAN DOMBA

6 Jan 2023, Januari 06, 2023
Pasang iklan


Aspirasijabar | Sumedang - Desa Ciptasari Kecamatana Pamulihan Kabupaten Sumedang mengandeng Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dan bersama P4S Karya Mandiri Prima yang merupakan binaan Fakultas Peternakan member kan Pelatihan Peternakan Domba bagi kelompok ternak Desa Ciptasari bertempat di Aula Desa Ciptasari Kecarnatan Pamulihan Kabupaten Sumedang kamis (5/01/2023). 

Menurut lis Lisnawati,S.Pd Kepala Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan program kegiatan pelatihan peternakan domba mungkin pertama dilaksanakan di awal tahun 2023,"Semoga dengan dilaksanakan pelatihan ini dapat meningkatkan Sumber daya peternak dan dapat mendapatkan alih teknologi dalam berternak domba. 

“Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peternak terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak untuk bridding dan usaha penggemukan dan dapat menguatkan kelompok ternak yang ada di Desa Ciptasari" jelas lis. 

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan adalah Ir.Tidi Dhalika.,MS dan Dr.Ir.Sondi Kuswaryan MS dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dan Yoyo Kusnadi P4S Karya Mandiri Prima yang menyampaikan materi Pakan Ternak, Dinamika Kelompok dan Praktek Pembuatan Pakan Fermentasi. 

lis menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak di Desa Ciptasari dan semoga kegiatan yang digelar ini bisa ditingkatkan dan berkelanjutan. 

Menurut Kepala Desa Ciptasari lis Lisnawati,S.Pd. “Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya dapat meningkatkan mutu dan kualitas peternak di Desa Ciptasari terutama di bidang penguatan kelompok ternak dan dalam pembuatan pakan sehingga lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak bridding dan usaha penggemukan, serta untuk meningkatkan sumber daya Peternak di desa ciptasari dan di harapkan adanya alih teknologi bidang peternakan yang bisa di terapkan di Desa Ciptasari". 

“Kedepannya masyarakat khususnya peternak yang ada di Desa Ciptasari tidak bingung lagi untuk pengolahan pakan ternak kalau bahasa daerahnya tidak harus ngarit tetapi memakai alat pencacah dan difermentasi. Cara yang lebih mudah dan simpel sehingga pada musim penghujan dan musim kemarau tidak bingung untuk kegiatan ngarit untuk memenuhi kebutuhan ternak mereka, imbuhnya

Dr.Ir Sondi Kuswaryan.MS. sedang memberikan materinya (foto agus)“ 

Sementara Ir.Tidi Dhalika.MS. dalam pemaparanya lebih menekankan untuk berbagi pengalaman, Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat yang beternak sapi atau domba untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain untuk pembibitan, bridding atau penggemukan. 

Sehingga dalam melakukan usaha peternakan masyarakat sejak awal diharapkan mampu memilih bibit yang bagus, management pakan dan kandang yang bagus serta menyesuaikan dengan potensi lokasi yang ada. 

"Cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan dan menyiapkan bahan. Kemudian langkah membuat pakan fermentasi serta menyiapkan pakan sudah bisa diberikan kepada hewan ternak “ujar Tidi 

“Pemberian pakan dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dapat meningkatkan berat domba. dan dalam pemilihan pakan domba haruslah tepat protein, Nutrient dan energi dan Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang cara berternak domba yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Ciptasari — sehingga hasil yang di capai pun maksimal. Pada pelatihan Peternakan Domba ini diharapkan para peternak di Desa Ciptasari bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan 

ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi"ujarnya. Ir Sondi Kusmaryan.MS. dalam pemaparanya mengatakan Kelompok Ternak adalah kumpulan peternak 

yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi Jingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. Kelompok ternak sebagai pelaku utarna menjadi salah satu kelembagaan peternakan yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan peternakan sehingga pembuatan kelompok ternak sangat penting dengan penguatan lembaga di desa baik LPM mapun BUMDES dan Bisnis beternak domba sangat menjangjikan 

Beternak Domba di saat ini sangat menjangjikan dimana permintaan akan Domba untuk Agikah, domba untuk Ourban dan lainnya sangatlah besar maka itu merupakan peluang bagi peternak untuk meningkatkan kuwalitas ternaknya dengan memanfaatkan teknologi dalam budi daya domba sehingga akan menghasilkan ternak domba yang berkuwalitas baik. 

Dengan pelatihan ini di harapkan masyarakat dapat mempaatkan dana yang ada di desa untuk dapat meningkatkan ekonomi yang produktif serta dengan memanfaatkan Ilmu dan teknologi yang dapat di terapkan di masyarakat. Dalam kontek pelatihan pelatihan yang dilaksanakan seperti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ciptasari itu menjadi satu peluang bagaimana dana dana yang ada di pedesaan di manfaatkan untuk aktivitas ekonomi yang produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat" ujar sondi kusmaryan. 

Setelah pemaparan teori oleh para narasumber dari Fakultas Peternakan dilanjutkan dengan acara praktek pembuatan fakan fermentasi dengan di pandu oleh Yoyo Kusnadi P4S Karya Mandiri Prima. (agus) 


Agus/Red

TerPopuler