Pemerintah Kecamatan Darangdan Gelar Musrenbang Tahun 2023 Untuk Tahun 2024 -->

Pemerintah Kecamatan Darangdan Gelar Musrenbang Tahun 2023 Untuk Tahun 2024

23 Feb 2023, Februari 23, 2023
Pasang iklan


Aspirasijabar|| Purwakarta - 
-Pemeintah Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 untuk Tahun 2024 yang digelar bersama unsur Muspika dan unsur Pemerintah Desa, yang berlangsung di pendopo Kecamatan Darangdan, pada hari ini Kamis 23 Pebruari 2023 

Musrenbang tersebut di hadiri OPD Kabupaten Purwakarta, Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta Ujang Rosadi dari Dapil-4, Camat Darangdan Drs Al Idrus Nurhasan, Sekcam Darangdan Idra Wijaya Kusuma, S.STP bersama Kasi, Kasubag dan Stap Kecamatan Darangdan, Kapolsek Darangdan Polres Purwakarta Akp Yoga Prayoga, SH bersama Bripka Asep Juwana Kanit Intelkam Polsek Darangdan, Danramil 1903 Darangdan Kodim 0619 Purwakarta Kapten Armed Deny Kristian bersama sertu Dodo Montiana,
Kepala Puskesmas Darangdan H.Marno, S.Kep, Koordinator BPP, Koordinator PLKB, 
Kepala KUA, Korwil Dinas Pendidikan, Pendamping Desa (PD)Kecamatan Darangdan Asep Eka Rukmana, Pendamping Lokal Desa (PLD) Dede Royani, Itang Lasmana, Agus Umbara, Roni Mulyawandi, Para Kepala Desa, dan Para Ketua Bamusdes (BPD) dari 15 Desa Se-Kecamatan Darangdan, Ketua MUI Kecamatan Darangdan KH.Asep Abdussalam, S.Pdi,
Ketua TP-PKK Kecamatan Darangdan Intan Rusita Ningrum bersama Ketua TP-PKK tingkat desa seKecamatan Darangdan, Ketua Panwascam Joko Sulistianto,Ketua PPK, Ketua UPK Binangkit Kecamatan Darangdan Naning Sariningsih, SH.

Menurut bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika yang diwakili Dokter H.Aep Durohman, Spd Kepala Bappelitbamgda Kabupaten Purwakarta Dalam sambutannya, Sebagaimana pernyataan Bupati Purwakarta bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan adalah sebuah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah penanganan Program Kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa atau kelurahan yang dintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di tingkat kabupaten.

"Didalamnya juga ditentukan dan disepakati pilihan program program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Purwakarta pada tahun 2024 mendatang.
Dan penyusunan RKPD tersebut bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas dan pembangunan daerah, serta memastikan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan pungsi masing-masing perangkat daerah. 

Menurutnya, Musrenbang tingkat Kecamatan adalah sebuah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa atau kelurahan yang dintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di tingkat kabupaten.

"Didalamnya juga ditentukan dan di sepakati pilihan program program kegiatan prioritas yang mendesak untuk di jadikan bahan dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Purwakarta pada tahun mendatang."Katanya.

Tujuan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tingkat desa atau kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan wilayah Kecamatan.

Lalu dibahas dan disepakati juga perihal kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa atau kelurahan serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Lebih jauh Bupati Purwakarta juga mengungkapkan, tahun 2024 mendatang Purwakarta secara umum negara ini akan menghadapi beberapa hal serta isu strategis yang harus dicermati bersama.

"Mulai dari Pemilu hingga Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tahun 2024.
Kita berharap hajatan tersebut tidak mengganggu jalannya pemerintahan dan pembangunan.
Selanjutnya masa transisi Pemerintah Daerah menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. "Demikian pernyataan Bupati Purwakarta.

Editor : Bah Endang 
Sumber : Indra Wijaya Kusuma, S.STP Sekcam Darangdan.

TerPopuler