Waspada Bencana Alam, Ini Pesan Danramil Kepada BabinsaWaspada Bencana Alam, Ini Pesan Danramil Kepada Babinsa -->

Waspada Bencana Alam, Ini Pesan Danramil Kepada BabinsaWaspada Bencana Alam, Ini Pesan Danramil Kepada Babinsa

27 Feb 2023, Februari 27, 2023
Pasang iklan


Aspirasijabar | Rembang -  Memasuki musim penghujan, Ranramil 08/Sluke Kodim 0720/Rembang Kapten Cba Juli EkoTriono menyampaikan penekanan agar para Babinsa terus siaga memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangannya.

Penekanan Danramil ini disampaikan agar semua Babinsa terus bekerja sama dengan aparat Desa serta elemen masyarakat di wilayah apabila disaat hujan deras dan terjadi tanah longsor, banjir atau kejadian lainnya maka bisa segera diambil tindakan penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian di lapangan.

“Khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan banjir sesuai peta situasi di desa masing-masing agar diantisipasi karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan di bulan Februari ini,” kata Danramil

Selain itu, lanjut dia, agar para Babinsa terus mengingatkan warga binaannya terutama yang rumahnya dibangun di bagian lereng diminta supaya lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkan longsor dan banjir.

“Tak hanya mengingatkan masyarakat yang berada di daerah potensi bencana longsor, saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan berdampak bencana tanah longsor dan banjir,” ujar Danramil.

Ia menambahkan, ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya tanah longsor dan banjir,“Para Babinsa lakukan Komsos secara aktif, mengingatkan bagi warga masyarakat waspadai cuaca ekstrem musim hujan pada bulan Februari. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban yang besar,” pungkasnya.

Seperti saat ini yang dilakukan Babinsa Koramil 08/Sluke Serka Wunardi dan perangkat desa bapak Abdul Rozaq memantau langsung di lokasi-lokasi yang rawan bencana di desa Blimbing kecamatan Sluke kabupaten Rembang (27/02/2023)

Tujuannya untuk mengetahui perkembangan atau kondisi di lapangan sedini mungkin,"Kami memiliki kebijakan untuk memutakhirkan informasi pada lokasi-lokasi bencana secara real time untuk mengetahui perkembangan kondisi di lapangan,” kata Serka Wunardi


Pewarta Jumadi Kabiro jateng

TerPopuler