Antisipasi Tanah Longsor Susulan, Sinergitas TNI - Polri di Maja Pasang Tiang Pancuh -->

Antisipasi Tanah Longsor Susulan, Sinergitas TNI - Polri di Maja Pasang Tiang Pancuh

6 Mar 2023, Maret 06, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Majalengka - Untuk mengantisipasi Terjadi kembali bencana alam tanah longsor Sinergitas Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar dan Koramil Maja bersama Masyarakat melakukan Kerja Bakti di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Senin (6/3/2023).

Diketahui bencana alam tanah longsor tersebut terjadi pada kemarin hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor dikarenakan. Tembok penahan tanah tidak mampu menahan serapan air hujan di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Maja - Majalengka.

Dalam kejadian tanah longsor tersebut Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,"terang Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Maja IPTU Kennedy Joko Lelono.

Ia juga menuturkan tanah longsor yang mengakibatkan tembok penahan tanah ambruk dengan tinggi 1,8 meter,lebar 7 meter dan panjang 20 meter."tuturnya.

Adapun rumah salah satu warga bagian gudang hampir terkena kikisan dari tanah longsor tersebut,"ungkapnya.

"Biarpun tidak menimbulkan adanya korban jiwa maupun materil akan tetapi apabila terjadi hujan lebat kembali tidak menutup kemungkinan akan terjadi pergeseran tanah kembali dan mengenai bangunan rumah tersebut dikarenakan struktur tanah labil daerah itu,"tandasnya.

Dalam hal ini Kami, Polsek Maja Polres Majalengka bersama Koramil juga masyarakat membuat rekayasa dengan cara memasang tiang pancuh dengan menggunakan Bambu jenis haur sebagai langkah antisipasi longsor susulan,"ujar IPTU Kennedy Joko Lelono.

Selain itu, Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Pihak Desa untuk Pengajuan Bronjong Ke instansi terkait Pemkab Majalengka,"tutupnya.


Red, 

TerPopuler