Kabupaten/Kota Diinstruksikan Lakukan Upaya-upaya Menurunkan Inflasi Daerah -->

Kabupaten/Kota Diinstruksikan Lakukan Upaya-upaya Menurunkan Inflasi Daerah

13 Mar 2023, Maret 13, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat yang diikuti secara virtual di Gedung Command Center Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis, 09 Maret 2023

"Inflasi Daerah adalah keadaan harga barang dan jasa dalam wilayah kabupaten/kota yang cenderung meningkat, kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus, serta kenaikan harga bersifat umum atau menyeluruh"

Dalam hal ini Sekda Garut menyampaikan bahwa dalam rakor evaluasi terkait dengan inflasi ini, kabupaten/kota diinstruksikan untuk melakukan bentuk upaya-upaya mereduksi ataupun menurunkan inflasi.

"Karena hari ini disinyalir inflasi itu diibaratkan seperti Covid-19, sehingga kabupaten/kota wajib hukumnya untuk melakukan upaya-upaya recovery terhadap kenaikan inflasi," ujar Sekda Garut.

Dalam kesempatan ini juga, imbuh Nurdin, dirinya menyampaikan beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh pihaknya, mulai dari upaya secara internal, kelembagaan, hingga secara mandiri.

Ia juga mengatakan jika angka inflasi Kabupaten Garut terakumulasi dengan angka inflasi dari Tasik, sehingga ia meminta agar bisa dilakukan perhitungan inflasi khusus untuk Kabupaten Garut.

"Dengan demikian maka kita ada kepastian, hari ini Garut itu karena ngiblat dengan Tasik itu (angkanya) di 4.1%, sehingga Alhamdulillah ini juga terkategori rendah dibandingkan yang lain," Pungkasnya


Jurnalis : (Beni)

TerPopuler