Kembangkan Kemanfaatan Dampak Positif Bermedia Sosial -->

Kembangkan Kemanfaatan Dampak Positif Bermedia Sosial

10 Mar 2023, Maret 10, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Di Zaman sekarang pengguna sosial media bebas membuat pesan, mengedit, menambahkan, memodifikasi tulisan, gambar dan video, grafis dan sebagainya. Semua dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, praktis bukan?  
Inilah yang menyebabkan media sosial berkembang begitu pesat.

Ulasan terkait dampak sosial media bagi penggunanya akan dikupas Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H. Dani Nurrahman S.Ip., M.Ap., di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat, (10/03).

"Sosial media dengan perkembangan industri informasi tak pelak berdampak positif dan dampak negatif," ujar Dani Nurrahman.

Lanjut Dani mengungkapkan, bahwa penggunaan media sosial memberikan dampak yang sangat positif terutama dalam melakukan interaksi baik secara sosial, politik maupun ekonomi. Penggunaan media sosial memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, baik teman, keluarga yang tidak memungkinkan dilakukan melalui face to face karena faktor jarak.

"Kita dapat mengirimkan  informasi-informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat, begitu pula dalam mengakses informasi yang kita butuhkan. Kita banyak dipertemukan teman atau keluarga yang sudah lama tidak pernah bertemu melalui media sosial facebook. Media sosial dapat dijadikan sarana untuk saling berbagi, saling bertukar foto, data dan dokumen lainnya. Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana promosi dengan berbagai produk atau jasa yang dapat ditawarkan kepada pengguna media sosial tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar tetapi dengan keuntungan yang berlipat ganda. Jadi tidak heran kalau saat ini telah menjamur bisnis melalui on line melalui media sosial, bahkan di kota-kota besar penggunaan komunikasi politik melalui media sosial menjadi media yang cukup ampuh untuk mempengaruhi yang dituju," tambahnya.


Selain dampak positif, penggunaan media sosial juga dapat memberikan dampak yang negatif terhadap masyarakat, seperti yang kita lihat sekarang media sosial dijadikan media untuk menanamkan kebencian terhadap orang lain dengan mengunggah kata-kata atau gambar yang tidak etis sehingga terbangun rasa tidak senang dan benci terhadap seseorang, terutama mereka yang memiliki posisi penting baik di pemerintahan maupun lembaga-lembaga Negara.

"Media sosial dijadikan sarana untuk mencaci maki bahkan memprovokasi orang lain, perilaku  ini sangat berbahaya apalagi yang menyangkut kelangsungan hidup bernegara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mungkin  kedepan sebelum terlalu kebablasan perlu ada kontrol untuk mengatur pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.

"Mari kita bersama untuk membimbing anak-anak kita menggunakan media sosial dengan bijak, baik dan benar untuk hal positif dalam kehidupan," ajaknya.

"Kemanfaatan positif media sosial yang kita arahkan," pungkasnya.


Red.

TerPopuler