SMPN 2 Somagede Banyumas Gelar Panen Karya Projeck Penguatan profil Pelajar Pancasila P5 -->

SMPN 2 Somagede Banyumas Gelar Panen Karya Projeck Penguatan profil Pelajar Pancasila P5

9 Mar 2023, Maret 09, 2023
Pasang iklan


Aspirasijabar || Somagede Banyumas-
Sejak pemberlakuan Kurikulum Merdeka diawal Tahun Pembelajaran 2022/2023 ini, SMPN 2 Somagede secara efektif merealisasikan proyek P5 tersebut untuk anak didik dan menggelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pada Kamis 8 Maret 2023 di area pelataran Gedung SMPN 2 Somagede Kabupaten Banyumas.

Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan Oleh SMPN 2 Somagede Kabupaten Banyumas.

Hadir dalam acara Panen Karya, Komite Sekolah Yunani, Camat Somagede Drs. Saptono Suptiyanto, Kapolsek Somagede AKP Agus Rianto SH, yang diwakili jajaran Polsek Somagede, Danramil Somagede Kapten Inf Susilo Prasetiyo, Dindik Pengawas Pembina SMPN 2 somagede Adji Kusmanto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si yang diwakili Aji Kusmanto, S.Pd.M.Hum, juga Kepala Desa Somagede Rawan, beserta tokoh masyarakat, Babinsa Somagede Sertu Daryo, para tamu undangan dari sekolah lain, serta guru-guru yang mendampingi para murid. 

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMPN 2 Somagede Mistina Hidayati M. Pd menjelaskan, tentang Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan adanya hasil proyek pembelajaran peserta didik sangat mendukung bagi perkembangan pola pikir anak tentunya dalam aspek berpikir kritis, respek dan tanggap terhadap baik dirinya sendiri atas potensi sosial, maupun pelaksanaan sikap mental terhadap lingkungan. Memiliki sikap yang terdidik terhadap pengaruh lingkungan dan mampu dalam mengembangkan kreatifitas secara baik. 

Dalam kesempatan yang sama Komite sekolah, Yunani mengatakan, rasa sukur atas digelarnya acara " Panen Karya " Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ini kali pertama yang diadakan oleh SMPN 2 Somagede Sejak pemberlakuan Kurikulum Merdeka diawal Tahun Pembelajaran 2022/2023, tetapi dengan digelarnya Panen Karya ini akan membawa efek baik kepada anak didik atas sikap dan mental, ujarnya. 

Sedangkan Camat Somagede, Drs. Saptono Suptiyanto sangat antosian dan memberikan Attensi khusus atas Pelaksanaan Gelar Panen Karya ini. Semoga dengan adanya kurikulum baru ini, akan berdampak lebih baik terhadap anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa ini, harapnya. 

Pada Acara Panen Karya ini dipertunjukan tidak kurang dari 67 produk buah karya anak didik, dengan berbagai ragam karya, mulai dari hasil karya tulis, seni gambar, produk kuliner atau makanan dan kerajinan. 

Pada sesi pengenalan hasil karya, semua tamu undangan dipersilahkan untuk melihat, membeli, dan bertanya langsung kepada anak didik tentang produk atau buah karyanya masing-masing. 

Acara ditutup dengan pementasan berbagai tarian seni budaya daerah, baik dari siswa-siswi SMPN 2 Somagede sebagai tuan rumah maupun pementasan seni dari sekolah-sekolah undangan. 

Reportase : Ahdiyat

TerPopuler