PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL, DIENG ORIENTEERING RACE DILAKSANAKAN DI AREA CANDI ARJUNA DIENG -->

PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL, DIENG ORIENTEERING RACE DILAKSANAKAN DI AREA CANDI ARJUNA DIENG

23 Mei 2023, Mei 23, 2023
Pasang iklan


Aspirasi Jabar || Banjarnegara -  Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasonal, Dieng Orienteering Race 2023, secara resmi telah dibuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara di Halaman Pendopo Soeharto Whitlem Kawasan Candi Arjuna. Sabtu 20/05/23


Seperti yang disaksikan oleh Aspirasi Jabar, hadir dalam acara ini, Eko Sri Wuryani, S.Sos, MM selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Eko Sri Wuryani menyambut baik dan mendukung pelaksanaan event ini, yang sudah berjalan 2 tahun dan harapannya bisa berkelanjutan, karena dapat turut memajukan pariwisata dan kebudayaan di Dieng pada khususnya, apalagi Orienteering ini merupakan kegiatan unit yang memadukan aktivitas navigasi dengan berlari. 


Selain itu, diharapkan event ini menjadi pengalaman menarik bagi para atlet orienteering dan pengunjung wisata Dieng, untuk menjelajahi destinasi wisata dengan cara berbeda. Pada pembukaan kegiatan ini, Disparbud Banjarnegara menampilkan Tim Kesenian Sapto Budoyo dengan penampilan tarian Gumregahing Kelir Ing Angkoso untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan dari Banjarnegara.


Seperti diketahui orienteering adalah wisata olahraga berbasis petualangan dengan kombinasi kemampuan berlari dan keterampilan bernavigasi menggunakan peta dan kompas, untuk mengunjungi titik kontrol sesuai dengan yang sudah ditentukan. Orienteering biasanya dikemas melalui sebuah permainan kompetisi. Pemenang dalam Olahraga orienteering ini di tentukan berdasarkan ketepatan (dalam mengunjungi titik kontrol) dan juga kecepatan dalam menyelesaikan tantangannya. Di Indonesia, orienteering merupakan salah satu dari olahraga rekreasi yang berkembang di masyarakat dimulai dari komunitas pecinta alam/petualangan, hingga saat ini perkembangannya sangat cepat dan mulai mengarah ke olahraga prestasi. 
Pada edisi tahun ini, Dieng Orienteering Race diikuti oleh total 158 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari berbagai kegiatan dan kategori lomba yaitu, Kategori Individu Foot Orienteering (M20, W20, M21, W21 dan M30) dengan 118 peserta, Kategori Tim/Relay Orienteering dengan 18 peserta, Fun Orienteering Individu dengan 17 orang, Fun Bike Orienteering dengan 5 peserta serta kegiatan Summer Camp/Pendakian Gunung Prau dengan 13 peserta. 


Acara ini sekaligus akan menjadi cara terbaik untuk mengenalkan dan mengembangkan olahraga orienteering ini kepada masyarakat dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata petualangan alam yang ada di Indonesia, mendorong peningkatan prestasi bagi para penggiat orienteering Indonesia serta mendorong peningkatan ekonomi kreatif masyarakat di sekitar destinasi, ujar Rahman Mukhlis Event Director Dieng Orienteering Race. 


TerPopuler