Berasama Dani Nurahman Mengulas Pentingnya Memahami Sosiologi Dalam Interaksi -->

Berasama Dani Nurahman Mengulas Pentingnya Memahami Sosiologi Dalam Interaksi

31 Jul 2023, Juli 31, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Sosiologi merupakan bagian dari Ilmu Sosial. Objek kajiannya adalah hubungan antara manusia dalam interaksinya dengan sesama, "Sosiologi mempelajari perilaku sosial manusia yang terjalin dari interaksi di antara kelompok atau masyarakatnya.

Disela waktu pekerjaannya bersama Kabid Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H. Dani Nurahman S.Ap., M.Ap., sedikit mengupas Pentingnya Memahami Sosiologi Dalam Interaksi diantara kita, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bandung, Senin (31/07/23).

"Dalam kehidupan sehari-hari  kita pasti berinteraksi dengan semua lapisan warga masyarakat. Memahami pembelajaran ilmu sosiologi memang dibutuhkan dalam melakukan interaksi tersebut," tutur Haji Danur (sebutan panggilan akrab).

"Dimana ada tata cara berinteraksi dengan baik agar kita bisa memahami lawan kita berinteraksi, dengan demikian sambung-sinambung interaksi
jadi lebih terarah," tambahnya.

Lanjut Haji Danur, sosiologi pada dasarnya mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Dengan kata lain yang menjadi kajian sosiologi adalah sebagai berikut:

a. Hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya.

b. Hubungan antara individu dan kelompok.

c. Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.

d. Sifat-sifat dari kelompok-kelompok sosial yang bermacam-macam coraknya.

"Alhamdulillah, selama ini interaksi sosiologi bersama lapisan masyarakat berjalan lancar dengan baik," tandasnya.

"Mari kita tetap jaga bersama hubungan dan interaksi diantara kita dengan baik, terapkan berdasarkan pembelajaran ilmu sosiologi yang kita pahami," imbaunya.


red.

TerPopuler